@shutterstock

Ragam Istilah Gula Dalam Label Nutrisi

Sekarang, Anda tidak perlu repot lagi mencari tahu apa saja nutrisi yang ada dalam makanan. Setiap produsen makanan wajib mencantumkan label nutrisi pada kemasan. Label nutrisi adalah label yang berisi apa saja nutrisi pada makanan dan berapa banyak jumlahnya. Namun, terkadang label nutrisi menggunakan istilah-istilah ilmiah yang tidak dimengerti.

Membaca Label Nutrisi
Setiap makanan dan minuman kemasan wajib mencantumkan berapa banyak jumlah nutrisi yang terkandung. Bacalah label nutrisi mulai dari atas. Biasanya, di bagian atas terdapat jumlah ideal yang boleh Anda konsumsi. Bagian ini tidak akan menggunakan istilah rumit, sebaliknya bagian ini akan menggunakan istilah yang mudah dimengerti seperti “satu sendok makan” atau “tiga cangkir”.

Mengenali Nama Gula
Dalam label nutrisi jarang sekali ada yang menyebutkan gula secara gamblang. Kebanyakan dari label nutrisi mencantumkan gula menggunakan nama lain, yaitu : glukosa, fruktosa, sukrosa, karbitol, concentrade fruit juice, corn sweetener, digliserida, disakarida, evaporated cane juice, erythritol, kristal florida, fructooligosaccharides, galaktosa, glucitol, glucomine, heksitol, inversol, isomalt, maltodextrin, barley malt, malt , manitol, madu, pentosa, raisin syrup, ribose rice syrup, rice malt, rice syrup solids, sorbitol, sorgum, sucanat, sucanet, xylitol dan zylose.

Mengenali nama-nama ini akan memudahkan Anda menemukan makanan dan minuman yang mengandung pemanis tambahan.

Ingredient List
Ingredient list atau komposisi terletak di bagian belakang kemasan makanan atau minuman. Biasanya, ingredient list memuat apa saja bahan yang digunakan dalam proses pembuatan makanan atau minuman tersebut. Daftar bahan dalam ingredient list akan diurutkan sesuai dengan nilai gizinya. Jika Anda menemukan makanan atau minuman yang mencantumkan lemak atau gula di awal komposisi, bisa dipastikan bahwa makanan tersebut tidak sehat.

Membaca label makanan secara teliti akan menjauhkan Anda dari makanan dan minuman yang tidak sehat. Sekalipun dalam kemasan tertulis “bebas lemak” atau “bebas gula” belum tentu keduanya tidak mengandung lemak dan gula sama sekali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait