Rahasia Alami Mencegah dan Mengobati Penyakit Mata Bintitan

Bintitan sebenarnya dapat menyusut tanpa pengobatan serius dalam beberapa hari. Tetapi, tidak ada salahnya agar Ibu mengobati bintitan agar menyusut lebih cepat, bukan? Berikut tips yang dapat Ibu aplikasikan untuk anggota keluarga agar penyakit mata yang satu ini dapat dicegah serta diobati di rumah :

  1. Mencuci tangan dengan sabun

Cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah, baik sebagai langkah pencegahan maupun langkah pengobatan. Cuci tangan dengan sabun sebelum melakukan pengobatan pada mata bintitan perlu dilakukan agar bakteri pada tangan tidak berpindah ke mata. Pada saat mengobati bintitan pun hindari untuk memencet benjolan yang ada.

  1. Kompres dengan air hangat

Hal lain yang dapat dilakukan ketika terkena bintitan adalah membasahi kain yang bersih dengan air hangat. Setelah itu, jangan lupa untuk meletakkannya di atas mata selama 5-10 menit. Cara ini dapat dilakukan selama 3-kali dalam satu hari. Cara ini cukup efektif agar benjolan cepat menyusut secara alami.

  1. Tunda penggunaan lensa kontak

Merasa sudah terbiasa menggunakan lensa kontak? Selama terkena penyakit mata bintitan, lebih baik untuk menunda penggunaan lensa kontak dan beralih ke kacamata dahulu, ya. Bakteri yang ada pada bintitan dapat masuk ke lensa kontak dan infeksi pun dapat bertambah parah. Kacamata juga dapat berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran.

  1. Kompres dengan teh hijau

Selain dengan kain, kompres bintitan juga dapat dilakukan dengan kantong teh hangat. Teh hijau merupakan jenis teh yang paling disarankan karena dapat mengurangi bengkak yang ada serta mengandung zat anti bakteri. Caranya, cukup rebus air, masukkan kantong teh, dan biarkan selama 1 menit. Jika suhu kantong teh sudah tidak terlalu panas, letakkan kantong teh hijau pada mata selama 5-10 menit. Jika penyakit mata ini tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, Ibu sebaiknya berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait