Sehatkan Saluran Cerna dengan Serat

Anggota keluarga anda sering mengalami gangguan pencernaan? Konsumsi serat solusinya! Serat sangat penting untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sifatnya yang mudah mengikat air, dapat menjaga proses pencernaan hingga membuat proses buang air besar lebih lancar. Selain itu, serat juga disebut prebiotik yang mendukung penyerapan berbagai mineral, terutama kalsium.

Menurut Dr. Handrawan Nadesul, serat berasal dari sumber alami tumbuhan. Serat bersifat tak bisa dicerna oleh usus, sehingga bisa mendorong keluarnya tinja lebih lancar. Itulah mengapa serat sangat berguna untuk kesehatan pencernaan.

Serat makanan terdiri dari dua jenis, serat larut dan serat tak larut. Biasanya, serat yang larut dalam air sudah terfermentasi oleh bakteri dalam usus. Serat ini banyak menyerap air, lalu berubah menjadi semacam gelatin. Sebaliknya, serat tak larut sepenuhnya menambah isi tinja, tidak terfermentasi dan sebagian besar berupa lignin.

Berbeda dengan karbohidrat, serat berisikan lebih dari sepuluh jenis kandungan yang satu sama lain saling melengkapi. Karena itulah, serat tidak menyumbangkan kalori bagi tubuh. Sebanyak apapun konsumsi makanan berserat, maka tubuh tidak akan mengalami kegemukan.

Untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan anggota keluarga, sediakan makanan kaya serat seperti sayur dan buah setiap saat. Bukan hanya itu saja, sajian kaya serat lain yang bisa Anda pilih adalah sereal, kacang-kacangan dan rumput laut. Gunakan kreasi masak Anda untuk mengolah semua bahan tersebut menjadi sajian  istimewa buat si kecil.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait