vote

Sering Alami Gigi Ngilu? Ini Dia Tips Mengatasinya!

Punya masalah gigi sensitif tentu akan membuat banyak Ibu bertanya-tanya bagaimana cara meredakan rasa ngilu dan menghilangkan masalah gigi sensitif ini agar tak kembali.

  • Rate Artikel ini

Punya masalah gigi sensitif tentu akan membuat banyak Ibu bertanya-tanya bagaimana cara meredakan rasa ngilu dan menghilangkan masalah gigi sensitif ini agar tak kembali. Maka dari itu Ibu harus mulai merubah kebiasaan harian dalam merawat gigi. Ini akan membawa perubahan besar pada gigi Ibu.Ada beberapa tips buat Ibu untuk mengatasi ngilu pada gigi.

  1. Bijak memilih sikat gigi

Tips ini mungkin menjadi yang paling mudah untuk dilakukan oleh Ibu. Pilihlah sikat gigi yang tertera label dari asosiasi perkumpulan dokter gigi. Selain itu, Ibu dapat memilih sikat gigi yang paling lembut karena bulu sikat yang keras cenderung mampu mendorong gusi turun kea rah akar dan dapat mengikis email gigi. Untuk pemakaian, gantilah sikat gigi apabila sikat telah melebar ke samping. Rutin mengganti sikat gigi juga diperlukan agar proses pembersihan sisa makanan di gigi tetap optimal.

  1. Sikat gigi dengan benar

Perhatikan cara sikat gigi Ibu, yuk. Jangan-jangan, penyebab gigi sensitif Ibu tidak lain karena sikat gigi yang terlalu keras. Dilansir dari buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu, untuk mengurangi gigi sensitif, Ibu juga dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, ya.

  1. Hindari makanan asam

Dilansir dari buku Serba Serbi Kesehatan Gigi & Mulut, makanan seperti minuman berkarbonasi, kopi, buah dengan rasa asam yang dapat mengakibatkan peningkatan sensitivitas. Nah, sebaiknya Ibu benar-benar membatasi atau menghindari makanan mengandung asam ini demi tak kambuhnya gigi sensitif. Kalau pun tak bisa menghindari minuman bersoda, Ibu bisa gunakan sedotan buat mengurangi kontak antara cairan bersoda dengan gigi Ibu.

  1. Hindari menggosok gigi sehabis makan atau minuman asam

Apabila Ibu menyukai minuman atau makanan asam, Ibu dapat mengurangi risiko terkena gigi sensitif dengan berkumur air untuk menyeimbangkan kadar asam di mulut. Dikutip dari Mayoclinic, Ibu juga dapat menghindari gigi sensitif dengan tidak menyikat gigi setelah konsumsi makanan atau minuman asam. 

Terbaru