@shutterstock

Stabilkan Gula Darah dengan Selai Kacang

Jika Anda gemar mengonsumsi roti tawar sebagai santapan sarapan, selai kacang sudah pasti selalu menemani juga kan? Selain gurih dan lezat, selai kacang ternyata memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh lho. Penasaran? Simak ulasan yang berikut ini ya.

Anda mungkin berpikir jika selai kacang merupakan makanan tidak sehat karena kaya akan lemak. Selai kacang memang mengandung lemak yang tinggi, namun lemaknya adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh justru memiliki peran yang baik untuk kesehatan tubuh di antaranya menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Dalam takaran saji 2 sendok makan selai kacang terdapat 16 gram lemak yang 3/4 bagiannya berasal dari lemak tak jenuh.

Dalam setiap tahunnya, orang Amerika mengonsumsi sekitar 700 juta pon selai kacang lho. Pasalnya, selai kacang merupakan pilihan makanan sehat di Amerika. Selain menawarkan banyak vitamin, mineral, protein nabati, serat dan lemak baik, selai kacang merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah.

Selai kacang memiliki indeks glikemik 14. Dengan angka yang rendah ini berarti selai kacang membantu menstabilkan gula darah dan insulin dalam tubuh. Wah, hal ini berarti dengan mengonsumsi selai kacang Anda bisa mendapatkan kadar gula darah yang stabil. Menurut para ahli di Harvard Medical School, memiliki kadar gula darah stabil membantu menjaga jantung Anda sehat, mencegah diabetes, mengurangi rasa lapar dan berat badan, mempertahankan tingkat energi, dan bahkan dapat meningkatkan kesuburan.

Sebuah penelitian oleh Purdue University dan Federal University of Vicosa di Brazil menyatakan bahwa selai kacang terbukti dapat mempengaruhi sekresi hormon peptide yang memberikan rasa kenyang hingga 12 jam lamanya. Wah, bagi Anda penderita gula darah tinggi, selai kacang bisa menjadi pilihan diet Anda.

Untuk mendapatkan selai kacang yang sehat dan lezat, perhatikan seluruh bagian kemasan sebelum membeli. Pastikan kemasannya tidak penyok dan perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya. Simpan lah di tempat yang sejuk dan kering, serta jauhkan dari sinar matahari. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait