©shutterstock

Sudah Cek Kesehatan Sebelum Pergantian Tahun?

Menjelang pergantian tahun, resolusi apa yang telah Anda siapkan? Tidak hanya karir yang baik dan anak-anak yang semakin cerdas, namun Anda sebaiknya juga membuat resolusi untuk kesehatan tubuh. Yuk, cek kesehatan ke dokter dan pastikan tubuh Anda benar-benar sehat di tahun yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa poin kesehatan yang harus Anda ketahui.

Tekanan darah
Tekanan  darah yang tinggi menandakan Anda dalam keadaan tubuh yang kurang sehat dan berisiko menderita penyakit jantung dan stroke. The Heart Foundation menyatakan tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80. Yuk, segera periksa tekanan darah Anda ke dokter.

Denyut jantung
Denyut jantung yang normal adalah 60-100 denyut per menit. Jika Anda memiliki denyut jantung lebih dari 100 per menitnya, berarti tubuh Anda sedang bekerja lebih keras yang dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Pengukuran pinggang
Semua organ vital Anda ditempatkan di daerah pinggang, sehingga berat badan yang berlebihan membuatnya lebih sulit untuk bekerja lebih baik. Menurut the Australian Government, ukuran pinggang kurang dari 94cm untuk pria dan 80cm untuk wanita dinyatakan dalam keadaan yang sehat. Jika lebih tinggi dari angka tersebut, bisa mengindikasikan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Agar semakin yakin dengan kesehatan tubuh Anda, bisa juga dengan melakukan check-up lengkap secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui masalah pada tubuh sejak dini, sehingga dokter bisa memberikan solusi pada keluhan Anda. Yuk, cek kesehatan tubuh agar bisa menyambut tahun yang baru dengan tubuh yang sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait