@shutterstock

Sudahkah Anda Memeriksa Gaya Hidup Anda?

Terkadang banyak orang yang tak sadar bahwa gaya hidupnya sudah jauh dari prinsip hidup sehat. Mereka hanya makan yang dengan lahap apa yang diinginkan tanpa memperhitungkan kandungan nutrisinya. Lebih memilih malas-malasan dibandingkan meluangkan waktu untuk berolahraga. Hingga membiarkan waktu malamnya untuk bersenang-senang dan begadang daripada istirahat yang cukup untuk persiapan keesokan paginya. Model kebiasaan ini sudah kurang layak untuk diteruskan. Anda perlu menerapkan perubahan agar gaya hidup sehat bisa kembali didapatkan.

Selain dari hal-hal tersebut, memastikan gaya hidup sehat juga perlu diketahui dengan cara-cara berikut ini.

Cek kesehatan ke dokter
Sebenarnya, melakukan medical check up tidak harus menunggu sakit. Sebaliknya, menurut Louise Chang, MD, salah satu praktisi kesehatan dan pemerhati konten kesehatan di WebMD, medical check up yang benar dilakukan saat kondisi tubuh sedang sehat. Hal ini memiliki fungsi agar dokter bisa segera melakukan pencegahan saat menemukan gejala penurunan imun. Lakukan medical check up secara teratur agar tubuh tetap sehat dan tak mudah sakit.

Periksa berat dan tinggi badan
Pada anak-anak, memeriksa berat badan dan tinggi badan secara rutin adalah hal yang penting. Dr. Louise menyatakan pemeriksaan ini dilakukan agar si kecil tidak sampai mengalami kelebihan berat badan di usia dini. Bila hal itu terjadi, proses tumbuh kembangnya bakal terhambat dan dia tak bisa beraktivitas secara leluasa karena jadi lamban bergerak.

Ingat olahraga
Meski hanya sebatas jalan kaki secara rutin atau hanya berlarian di taman bersama teman-temannya, si kecil akan jauh lebih sehat daripada menghabiskan waktu di rumah dengan duduk-duduk. Olahraga memang penting terlebih untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat dan Anda sekeluarga bisa tetap sehat. Lakukan kegiatan fisik ini minimal 30 menit sehari. Atau, jika ingin melakukan aerobik, 15 menit setiap hari sudah lebih baik untuk merangsang otot tubuh. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Louise Chang.

Makan sehat tepat waktu
Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah makan dan minum tepat waktu. Menurut Kathianne Sellers Williams, MEd, RD, LD, Ahli Gizi dan Kebugaran di Cafe Physique Atlanta, dalam sehari Anda dan si kecil tidak boleh meninggalkan makan sebanyak lima kali. Sarapan saat pagi, ngemil saat jam 10 pagi, makan siang, ngemil jam 4 sore dan makan malam. Pola makan sehat ini perlu diterapkan dengan sungguh-sungguh agar tidak sampai telat.

Jangan lupa untuk menyajikan makanan yang penuh gizi agar bisa menyumbangkan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait