@shutterstock

‘Tak Ada Gula Tambahan’ dan ‘Bebas Gula’, Bedanya?

Waktu memilih makanan dan minuman di supermarket, seringkali Anda menemukan tulisan ‘tanpa gula tambahan’ atau ‘bebas gula’ dalam kemasan makanan dan minuman. Sebenarnya, kedua tulisan tersebut memiliki arti yang berbeda lho. Apa sih bedanya? Yuk cari tahu!

Tanpa Gula Tambahan
Federal Food and Drug Administration atau FDA adalah lembaga yang mengatur tentang penulisan label kemasan makanan. Menurut FDA, kalimat ‘tanpa gula tambahan’ hanya bisa digunakan jika selama proses pengolahan makanan dan minuman sama sekali tidak menambahkan gula, termasuk madu, molases, high-fructose corn syrup, maltosa, dan sirup tebu.

Sebagai contoh, beberapa es krim mencantumkan kalimat ‘tanpa gula tambahan’ pada labelnya karena es krim tersebut memang tidak menggunakan gula. Rasa manis dari es krim tersebut berasal dari laktosa yang berasal dari susu murni.

Bebas Gula
FDA menganjurkan setiap makanan harus mengandung kurang dari 0,5 gram gula tiap porsi untuk mendapatkan label ‘bebas gula’. Hal ini termasuk gula alami yang terkandung dalam bahan pembuat makanan dan minuman tersebut. Sebenarnya, produk olahan makanan atau minuman tidak benar-benar bebas dari gula. Label ‘bebas gula’ hanya menandakan kalau mereka menggunakan gula kurang dari jumlah yang dianjurkan oleh FDA.

Pemanis Buatan
Label ‘tanpa gula tambahan’ dan ‘bebas gula’pada kemasan tidak memberikan banyak keterangan tentang pemanis buatan yang ditambahkan. Mengenali istilah pemanis buatan seperti aspartam, acesulfame potassium, sakarin, sukrolase, dan neotame, akan membantu Anda mengetahui apakah makanan dan minuman yang Anda beli menggunakan pemanis buatan atau tidak, meskipun dalam kemasan disebutkan ‘tanpa gula tambahan’ ataupun ‘bebas gula’.

Terlalu banyak makan gula akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan seperti gizi buruk, masalah berat badan, naiknya trigliserida, dan kerusakan gigi. Kandungan gula yang tercantum dalam tabel nutrisi akan memudahkan Anda menjaga asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang diberi label ‘tanpa gula tambahan’ dan ‘bebas gula’ belum tentu rendah kalori dan mengandung sedikit karbohidrat. Membaca tabel nutrisi dalam kemasan secara teliti akan membantu Anda memilih makanan dan minuman sehat yang benar-benar bebas gula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait