Tips Jalani Puasa dengan Lancar Bagi Ibu Menyusui

Setelah memutuskan untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan, Ibu harus memerhatikan beberapa rambu-rambu agar tetap bisa memberikan ASI yang berkualitas untuk si kecil. Tentu cara berpuasa untuk ibu menyusui berbeda dan memerlukan kiat khusus. Demi kesehatan Ibu dan si kecil, ikuti tips berikut ini agar Ibu bisa menjalani puasa dengan lancar dan proses menyusui pun tetap berjalan optimal.

 

Konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang

Dengan perubahan pola makan ibu menyusui yang berubah, maka makanan ibu menyusui harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sendiri dan juga si kecil. Ibu menyusui membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari. Oleh karena itu, ibu menyusui dianjurkan makan setidaknya 3 kali saat berpuasa, yakni saat sahur, berbuka puasa dan makan malam sebelum tidur, agar pemenuhan gizi dan nutrisi serta kualitas ASI akan terjaga baik. Komposisi nutrisi yang harus dipenuhi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50 % karbohidrat.

 

Perbanyak konsumsi cairan

Tahukah Ibu ternyata cairan tubuh berkurang sekitar 2-3% saat berpuasa. Tak hanya makanan ibu menyusui, asupan cairan yang dibutuhkan tubuh pun harus dipenuhi, yakni sebanyak 2 liter air sehari dengan minum 8 gelas sehari saat sahur dan berbuka. Tak hanya dengan air putih, Ibu juga bisa penuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi susu, teh manis hangat, atau jus buah sebagai alternatif untuk menambah energi dalam tubuh.

 

Penuhi kebutuhan serat lebih banyak

Buah dan sayuran adalah makanan ibu menyusui yang sehat, karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Mencukupi kebutuhan serat dapat membantu Ibu mencegah rasa lapar datang lebih cepat, karena serat bersifat mengenyangkan. Selain itu, serat juga bisa membantu Ibu terhindar dari konstipasi. Tak hanya serat, ternyata buah dan sayuran merupakan makanan ibu menyusui yang kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

Luangkan waktu untuk istirahat

Merasa lemas merupakan hal lumrah yang terjadi pada setiap orang ketika berpuasa, terumasuk bagi ibu menyusui. Cobalah untuk beristirahat sejenak, untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan energi. Secara psikologis,ini berpengaruh besar pada produksi ASI..


Tetap rutin menyusui si kecil

Prinsip menyusui adalah demand and supply. Artinya, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Agar ASI tetap lancar, sebaiknya Ibu tetap rutin menyusi si kecil, karena hisapan bayi juga akan merangsang produksi ASI.

 

Pompa ASI

Untuk ibu menyusui yang bekerja, sebaiknya tetap memerah ASI di tempat kerja. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Jika Ibu menghentikan rutinitas memerah ASI, dikhawatirkan produksi ASI dapat berkurang karena mengurangi kegaiatan memrah, dan bukan karena alasan ibu menyusui berpuasa.

Share artikel ini:

Artikel Terkait