vote

Tips Memaksimalkan Kandungan Buah untuk Dikonsumsi Selama Kehamilan

Janin dalam rahim Ibu tentu tidak bisa memenuhi kebutuhan makanan sendiri. Bayi dalam kandungan menyerap gizi dari makanan yang dikonsumsi sang Ibu guna pertumbuhan dan perkembangan janin tersebut. Tak hanya itu, janin akan mengambil simpanan nutrisi dalam tubuh sang Ibu apabila gizi yang diperoleh tidak mencukupi

  • Rate Artikel ini

Ibu hamil memang tidak bisa disamakan kebutuhan nutrisinya dengan para Ibu umumnya. Mengapa? Sebab ekstra nutrisi tidak hanya dibutuhkan oleh bayi saja, tetapi juga bagi tubuh Ibu yang berubah karena mengandung dan akan menyusui nantinya. Ibu hamil butuh asupan makanan yang lebih tentunya untuk kebutuhan diri sendiri dan bayi yang dikandung.

Janin dalam rahim Ibu tentu tidak bisa memenuhi kebutuhan makanan sendiri. Bayi dalam kandungan menyerap gizi dari makanan yang dikonsumsi sang Ibu guna pertumbuhan dan perkembangan janin tersebut. Tak hanya itu, janin akan mengambil simpanan nutrisi dalam tubuh sang Ibu apabila gizi yang diperoleh tidak mencukupi. Sehingga Ibu butuh tambahan asupan makanan baik jumlah dan jenisnya guna memenuhi kebutuhan pertumbuhan calon si Kecil dalam kandungan. Termasuk juga konsumsi buah yang bagus untuk Ibu hamil sebagai salah satu asupannya. Maka dari itu,  Ibu perlu cermat ketika menentukan menu makanan dan buah yang bagus untuk Ibu hamil.

Sayur dan buah yang baik bagi Ibu hamil memang jadi salah satu nutrisi penting yang dIbutuhkan selama kehamilan. Sebab buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, serta serat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, melancarkan pencernaan, serta memenuhi nutrisi selama proses perkembangan janin. Buah dan sayur juga memiliki kandungan mineral seperti asam folat yang dibutuhkan Ibu hamil. Dilihat dari manfaatnya yang beragam tersebut, bagaimanakah kira-kira cara memaksimalkan nutrisi yang terkandung dalam buah itu bisa terserap dalam tubuh Ibu?

Saat ini banyak buah-buahan yang mengandung residu pestisida yang berbahaya bagi kesehatan. Agar terhindar dari residu pestisida tersebut, amati baik-baik ciri buah serta cuci bersih buah sebelum dikonsumsi. Tips lain dalam mengonsumsi buah yang bagus untuk Ibu hamil adalah mengoptimalkan musim buah tertentu. Ketika buah tertentu sedang musim, maka Ibu akan mudah memilihnya, baik dari segi kualitas maupun harganya.

Selama masa kehamilan, jangan biarkan Ibu kekurangan stok buah di rumah sehingga ketika Ibu membutuhkan camilan, Ibu dapat mengonsumsinya langsung. Jangan lupa cari aneka resep memadukan buah-buahan tersebut agar Ibu tidak mudah bosan. 

Artikel Terkait

Terbaru