Tips Merawat Kulit di Musim Hujan

Datangnya musim hujan disambut gembira oleh sebagian orang – mungkin juga Ibu. Betapa tidak, musim hujan seolah-olah menjadi penyegar setelah kita “dijemur” matahari selama musim kemarau. Terik, gerah, panas, keringat dan bau matahari? Hilang semua pada musim hujan.

Tetapi ternyata musim hujan juga menyimpan problem kecil, yakni lembapnya udara dapat menyebabkan infeksi kulit, akibat suburnya jamur dan bakteri di musim basah ini. Jari-jari kaki dapat terserang infeksi akibat bersentuhan dengan air kotor. Belum lagi iritasi dan alergi.

Simak tips merawat kulit di musim hujan berikut ini:

Kulit kering
Keringnya kulit Ibu disebabkan oleh kekurangan vitamin yang membantu memperbaiki sel kulit rusak dan kering. Pada musim hujan, kondisi ini makin parah.

Orang dengan kulit kering harus meminum air yang banyak untuk menjaga kulit tidak kekurangan cairan dan mengusir racun dari tubuh. Kulit harus senantiasa dijaga bersih dan lembap. Jangan gunakan toner yang berbahan dasar alkohol.

Campuran minyak jojoba, tahu susu, dan madu amat bermanfaat bagi kulit wajah yang kering. Lapisi wajah dengan campuran ini, diamkan 10 menit, lalu bersihkan muka dengan sabun ringan.

Selain itu, Ibu juga bisa memakai campuran almond dan madu. Diamkan di wajah selama 5 menit, lalu basuh wajah dengan air hangat untuk membuat kulit yang kering menjadi lembut dan kencang.

Kulit berminyak
Penyebab kulit berminyak adalah perubahan hormon genetis, yang tidak bisa diubah lagi. Karena itu, orang dengan kulit berminyak perlu mencuci muka 2-3 kali sehari untuk mengurangi minyak yang berlebih.

Scrub muka dapat digunakan untuk membuka pori-pori wajah dan mengangkat dan menyingkirkan sel kulit mati. Cobalah campuran susu, madu, dan lemon agar kulit wajah segar dan bercahaya.

Mencuci wajah dengan air panas lebih bermanfaat ketimbang air dingin, karena air panas mampu menyingkirkan minyak dari kulit dengan lebih mudah.

Mau kulit sehat dan bebas minyak? Cobalah gunakan campuran minyak dan air mawar sebagai pelembap, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Scrub biji pepaya atau oatmeal juga mampu membuat kulit segar dan bercahaya. Pakaikan di muka lalu diamkan 10 menit dan bilas dengan air dingin.

Baca Juga : Makanan Pendukung Kulit Sehat

Tipe kombinasi
Kalau Ibu memiliki tipe kulit kombinasi, maka Ibu perlu perhatian ekstra. Area yang kering harus secara reguler dibersihkan dan dilembapkan, sementara area yang berminyak mesti diberi scrub. Cara terbaik untuk mendapatkan kulit sehat adalah minum air putih yang cukup setiap hari.

Melindungi kulit di musim hujan

  • Bersihkan kulit setiap hari dengan pembersih bebas sabun. Singkirkan sel kulit mati dengan menggosok kulit dengan lembut.
  • Konsumsi air putih harus ditingkatkan selama musim hujan agar kulit senantiasa terjaga kelembapannya. Tahukah Ibu bahwa kulit sebenarnya “lebih haus” alias memerlukan cairan daripada kita?
  • Setiap kali mencuci muka, gunakan toner untuk menutup kembali pori-pori kulit dan mengembalikan keseimbangan pH.
  • Gunakan pelembap kulit (moisturizer) secara berkala untuk mencegah kulit dehidrasi selama musim hujan.
  • Ganti pembersih muka dengan yang lebih ringan, agar kelembapan alami kulit tidak terkikis. Namun demikian, pembersih muka tetap harus cukup kuat untuk mengangkat debu dan kotoran dari kulit. Inilah saat yang tepat untuk menggunakan produk alami rumahan.
  • Jangan berjalan di atas genangan air karena air kotor dapat menyebabkan infeksi jari dan kuku. Pastikan semua sepatu, kaus kaki, dan jas hujan disimpan dengan bersih dan kering.

Share artikel ini:

Artikel Terkait