Trik Sehat Jajan di Luar

37ba78fac119bf4c53be9b222ccbcafaaa000b22.jpeg

Banyaknya  kafe dan resto yang menyuguhkan makanan lezat nan menggoda sering membuat Anda penasaan untuk mencobanya. Tidak selamanya jajan di luar itu identik dengan tidak sehat. Dengan trik dan langkah yang tepat, hobi jajan di luar juga masih bisa bikin tubuh tetap sehat. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak tips yang berikut ini.

Lebih selektif dalam memesan makanan

Pembeli adalah raja, Anda boleh-boleh saja kok membuat banyak permintaan saat makan di restoran. Misalnya saja, saat memesan jus, minta agar dibuat tanpa gula dan tidak dibuang serat atau ampasnya. Kemudian, jika menu restoran menyediakan menu paket makan plus minum, pilih air mineral untuk mengganti minuman manis, seperti teh atau soda.

Selain itu jangan membeli makanan yang sama setiap harinya, cobalah membuat variasi. Misalnya hari ini makan makanan tinggi kalori, maka pastikan besok makan lebih banyak sayur dan buah.

Pilihan makanan pembuka

Sebagai menu pembuka pilihlah sup atau salad sayur. Dua makanan pembuka ini dapat memangkas kalori hingga 20 persen. Selain itu, sayur memberikan efek kenyang sehingga porsi makan menu utama Anda akan lebih terkontrol

Pintar saat makan fast food

Fast food umumnya mengandung lemak jenuh tinggi, kalori, lemak dan garam. Memakan fast food terlalu sering dapat menyebabkan ragam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, obesitas dan tekanan darah tinggi.

Untuk menyiasatinya, pilih fried chicken bagian dada dan minta dibuang kulitnya. Kemudian, untuk burger dan sandwich, pilih roti yang terbuat dari gandum, jika tidak ada jangan makan roti bagian bawahnya. Bila memesan pizza, pesanlah toping sehat semacam sayuran. Sedangkan apabila memesan milkshake atau cappucino buang whipped cream dan minta diganti dengan susu rendah lemak.

Nikmati berbagai menu lezat di luar dengan cara yang pintar agar tetap sehat dan kalori dalam tubuh Anda terjaga. Semoga bermanfaat.