©shutterstock

Ups, Banyak Makan Almond Ada Efek Sampingnya!

Mendengar namanya saja bisa ditebak jika makanan ini banyak mengandung manfaat kesehatan. Sampai saat ini almond dikenal banyak orang karena manfaatnya yang melimpah. Orang juga mengenal almond sebagai kacang, padahal almond sendiri merupakan kelompok biji-bijian yang dipanen dari pohon almond. Namun begitu, terlalu banyak mengonsumsi biji almond juga memiliki efek samping tersendiri.

 

Nicki Wolf, salah satu ahli gizi dari Temple University Amerika menjelaskannya sebagai berikut.

 

Menambah berat badan

Tak banyak orang yang tahu jika makanan yang satu ini ternyata menyimpan kalori yang cukup besar. Dalam satu ons, setara 28 gram, almond menyumbang 163 kalori dan 14 gram lemak. Rasanya yang enak membuat orang-orang mengonsumsi almond ini hingga tiga kali dalam sehari. Asupan tersebut setara dengan asupan kalori sebanyak 3500 kalori.  Hasilnya, tubuh akan mengalami penambahan berat badan yang lebih cepat.

 

Mengganggu sistem tubuh

Di samping itu, almond mengandung mangan yang tak bisa dikatakan sedikit. Dalam 28 gram almond menyumbangkan 0,6 miligram mangan. Jika dikonsumsi tak lebih dari jumlah tersebut, tubuh masih bisa toleran karena idealnya konsumsi mangan dalam sehari tak boleh lebih dari 2,3 miligram. Jika almond dikonsumsi terlalu banyak, maka jumlah mangan yang terlampau banyak ini bisa menyebabkan sistem tubuh terganggu, seperti meningkatnya tekanan darah.

 

Kelebihan vitamin E

Almond dikenal sebagai makanan sumber antioksidan lantaran kandungan vitamin E-nya yang melimpah. Dari jumlah28 miligram almond dapat diperoleh vitamin E sebanyak 7,4 gram. Sementara sumber vitamin E sendiri tak hanya berasal dari almond, bisa diperoleh dari telur, sereal gandum, bayam dan juga gandum. Jika konsumsi almond terlalu banyak, maka suplai vitamin E dalam tubuh bisa mengalami overdosis. Imbasnya akan muncul pusing, sakit kepala, diare dan juga pandangan yang mendadak kabur.

 

Mengganggu pencernaan

Dampak terakhir dari memakan almond secara berlebihan dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Almond mengandung serat sebanyak 3,5 gram dalam setiap 28 gramnya. Jumlah ini sudah cukup baik untuk menunjang pencernaan setiap hari. Apabila konsumsinya berlebihan maka dapat membuat pencernaan terganggu. Serat yang terlampau banyak bisa membuat diare maupun konstipasi akibat proses ekskresi yang tidak maksimal.

 

Demi manfaat almond yang maksimal bagi tubuh, konsumsilah almond tak lebih dari 28 gram. Jumlah ini setara dengan 12 sampai 13 biji almond. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait