Wow, Ternyata Daya Pandang Mata Dipengaruhi Kinerja Otak

bf6962e21dd3379e05b8162b7a444732872fa611.jpeg

Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa mata adalah jendela ke otak. Hmm, kira-kira apa ya yang dimaksudkan? Sebuah studi terobosan oleh Psychological Science menemukan bahwa pembuluh kecil di belakang mata Anda bisa mengungkapkan seberapa sehat kinerja otak.

Idan Shalev, Ph.D penulis dari penelitian tersebut mengungkapkan pembuluh mata mencerminkan kondisi pembuluh otak dengan menunjukkan ukuran, struktur, bentuk dan fungsi dari benda yang dilihat oleh mata. Jadi, ketika kinerja otak sedang tidak baik, maka mata menangkapnya dengan melihat hal yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Studi sebelumnya telah menghubungkan ukuran pembuluh mata dengan risiko penyakit yang mungkin akan diderita, seperti demensia, penyakit jantung atau stroke. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kesehatan mata Anda bisa menunjukkan kesehatan tubuh dan otak. Namun, hal ini hanya bisa terlihat pada usia yang relatif muda, yakni pada usia anak-anak.

Melihat pentingnya  menjaga kesehatan mata, Anda dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, buah berry, tomat dan lain sebagainya. Penting juga untuk rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. Terlebih bagi Anda yang banyak bekerja dengan membaca atau di depan komputer untuk semakin peduli akan kesehatan mata.

Selalu jaga kesehatan mata Anda untuk mendapatkan tubuh dan otak yang sehat juga. Jangan anggap remeh keluhan kecil yang Anda rasakan pada mata, karena jika dibiarkan begitu saja akan mengganggu aktivitas dan kinerja organ tubuh yang lain. Selalu jaga kesehatan ya.