vote

Yuk Cari Tahu Beberapa Permasalahan Gigi dan Mulut yang Kerap Dialami

Masalah pada gigi memang banyak macamnya. Terlebih jika gigi tidak dirawat dengan benar. Tentu akan banyak permasalahan terkait organ satu ini yang rasanya akan membuat tersiksa ketika makan dan minum. Lantas apa saja permasalahan yang sering menyerang gigi?

  • Rate Artikel ini

Masalah pada gigi memang banyak macamnya. Terlebih jika gigi tidak dirawat dengan benar. Tentu akan banyak permasalahan terkait organ satu ini yang rasanya akan membuat tersiksa ketika makan dan minum. Lantas apa saja permasalahan yang sering menyerang gigi? Menurut Prof. Dr. Thomas P. Conelly, seorang dokter gigi yang terakreditasi American Society of Dental Aesthetics, berikut beberapa permasalahan pada gigi dan mulut yang kerap terjadi.

  1. Penyakit gusi

Penyakit yang menyerang gusi ini biasanya disebabkan oleh 3 faktor, yaitu buruknya kebersihan mulut, merokok, dan akibat faktor genetik.

  1. Bau mulut

Bau mulut disebabkan oleh kemungkinan adanya bakteri pada bagian lidah. Hal ini bisa diakibatkan oleh makanan yang berbau tajam atau juga karena mulut kering. Rajinlah menggunakan obat kumur agar kondisi mulut selalu tetap segar.

  1. Luka mulut

Luka ini menurut Prof. Connelly ada dua jenis, yaitu canker sores (sariawan) dan herpes. Menurutnya, luka sariawan bukan berbasis virus. Sementara herpes berbasis virus dan bisa menular.

  1. Gigi sensitif atau ngilu

Gigi terasa ngilu ini biasanya jadi permasalahan bagi sebagian orang. Menurut Prof. Connelly, ada beberapa penyebab gigi ngilu(link ke artikel lain). Jangan biarkan gigi ngilu mengganggu Ibu setiap kali makan dan minum. Untuk mengetahui cara mengatasinya, penyebab gigi ngilu harus diatasi segera agar kondisi gigi tidak semakin sensitif. Oleh karena itu, Ibu perlu berkonsultasi ke dokter gigi untuk tahu apakah penyebab gigi ngilu yang Ibu alami.

  1. Gigi kuning

Masalah gigi satu ini paling kasat mata karena pasti bisa dilihat oleh siapapun. Kalau penyebab masalah gigi yang satu ini biasanya karena makanan dan minuman yang Ibu konsumsi. Penyebab utama gigi kuning umumnya adalah kopi dan wine.

Demikian beberapa permasalahan gigi yang kerap terjadi. Agar masalah tidak semakin parah, jangan lupa untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi supaya kondisi gigi tetap dapat dikontrol dengan baik.

Terbaru