Yuk Hindari 5 Penyebab Penyakit Mata Bintitan!

Terkena penyakit mata, seperti bintitan, dapat mengganggu penampilan. Meskipun tidak berbahaya, bintitan dapat dihindari jika penyebabnya diketahui. Kira-kira apa sajakah pemicu bintitan? Segera cari tahu beberapa hal yang mampu menimbulkan bintitan di bawah ini, ya.

  1. Menyentuh mata dengan tangan kotor

Seperti yang ibu ketahui pada umumnya, tangan rentan mengandung berbagai bakteri. Oleh karena itu, hindarilah menyentuh berbagai indera dengan tangan yang kotor, terutama mata. Apabila mata disentuh dengan tangan kotor, infeksi akibat bakteri dapat terjadi.

  1. Tidak membersihkan makeup

Memiliki kebiasaan tidur tanpa membersihkan makeup semalaman sebaiknya dihindari. Oleh karena itu, jangan lewatkan ritual membersihkan makeup sebelum tidur ya, Bu. Makeup yang mengandung bahan kimia beserta kotoran yang menempel pada area wajah selama seharian tidak hanya dapat menimbulkan jerawat, tetapi juga penyakit mata, seperti bintitan.

  1. Menggunakan makeup kadaluarsa

Mengetahui umur makeup itu perlu dilakukan agar menghindari bintitan, lho Bu. Ingat-ingat tanggal pembelian produk makeup di meja rias Ibu agar produk yang sudah terlalu lama dapat dibuang dan tidak menimbulkan efek bagi kesehatan kulit. Jika menggunakan produk makeup di bagian mata seperti mascara, eye shadow  atau eyeliner yang sudah kadaluarsa, resiko terkena penyakit mata ini akan menjadi semakin tinggi, lho.

  1. Seprai dan bantal kotor

 Menurut pakar mikrobiologi klinik dan imunologi dari New York University, Philip Tierno Jr. , sisa kosmetik, keringat, jamur, bahkan kotoran yang menempel di rambut dapat menjadi penyebab jumlah bakteri bertambah di tempat tidur. Oleh karena itu, seprai atau bantal tentunya merupakan alas tidur yang dapat menjadi sarang bakteri apabila tidak diganti secara rutin. Gantilah seprai scara rutin agar penyakit mata bintitan dapat dihindari.

  1. Debu

Ketika beraktivitas di luar, debu dan kotoran menjadi sangat rentan untuk masuk ke mata. Sebagai akibatnya, mata menjadi kering serta iritasi dapat terjadi. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan pelindung, seperti kacamata, agar mata dapat terhindar dari resiko bintitan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait