©shutterstock

Yuk, Mulai Kenali Alergi Sejak Dini

Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh yang berubah dikarenakan oleh makanan atau bahkan lingkungan yang tidak sesuai dengan keadaan tubuh. Hal ini biasa terjadi pada setiap orang, terutama pada anak-anak. Guna mengantisipasi terjadinya alergi pada si kecil, yuk mulai mengenali alergi sejak dini

Alergi sangat sulit untuk dideteksi sebelum adanya gejala-gejala yang mengarah pada hal tersebut. Namun, penyakit ini merupakan sakit keturunan, jadi jika kedua orang tua memiliki alergi 70 persen si kecil juga akan mengalami hal yang sama. Tapi, jika hanya salah satu orang tua saja yang mengalami alergi, 30 persen kemungkinannya si kecil memiliki alergi.

Pada umumnya, alergi bisa disebabkan oleh makanan, seperti susu, kacang-kacangan, makanan laut dan telur. Alergi ini biasanya muncul pada saat si kecil telah berusia 1-2 tahun dan  menghilang sendiri pada usia lima tahun ke atas. Namun, jika alergi ini didapatkan karena faktor keturunan biasanya hingga dewasa tidak akan hilang.

Penyebab alergi lainnya adalah dikarenakan oleh kondisi lingkungan, seperti debu, bulu hewan, atau bulu boneka. Hal ini biasanya lebih mudah diketahui daripada alergi makanan. Karena si kecil akan menunjukkan reaksi tertentu saat dekat dengan kondisi lingkungan penyebab alerginya. Jika hal ini terjadi pada si kecil, Anda harus lebih berhati-hati dalam menempatkan barang-barang tersebut di dekatnya ya.

Lebih aman lagi, jika Anda membawa si kecil untuk berkonsultasi pada dokter dan menjalani beberapa tes tertentu untuk mengetahui kecenderungan alergi yang mungkin diderita. Hal ini penting sebagai  langkah antisipasi demi kesehatan si kecil. Lebih baik jika mengetahuinya sejak dini bukan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait