vote

Yuk Penuhi Kebutuhan Asam Folat Pada Menu Sehat Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi penting agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah mikronutrien. Mikronutrien ini adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah yang sedikit.

  • Rate Artikel ini

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi penting agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah mikronutrien. Mikronutrien ini adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah yang sedikit.

Pada tubuh, mikronutrien memiliki peranan penting untuk memperoduksi aktivitas enzim, hormon, mengatur fungsi daya tahan tubuh, serta sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin serta mineral, misalnya vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, zat besi, zinc, serta asam folat. Seringkali, ibu hamil mengalami kekurangan mikronutrien karena kebutuhan vitamin dan mineral yang lebih besar dari kebutuhan normal. Padahal, kekurangan mikronutrien dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan kurang dan kegagalan pertumbuhan.

Salah satu mikronutrien, yaitu asam folat sangat bermanfaat bagi manusia, termasuk Ibu yang merencanakan kehamilan atau selama masa kehamilan. Asam folat merupakan jenis vitamin B yang berfungsi untuk membantu perkembangan serta metabolisme sel.

Konsumsi asam folat yang disarankan oleh U.S National Institutes of Health dalam menu sehat ibu hamil minimal sebesar 600 mcg per hari. Pemenuhan kebutuhan asam folat dalam menu sehat ibu hamil pada bulan-bulan pertama kehamilan diperlukan  karena berkaitan dengan pembentukan awal otak, saraf tulang belakang bayi, serta proses metilasi DNA, yang juga merupakan bagian pembelahan sel agar sel mampu menangkap sinyal selama proses pembentukan organ agar tetap ada pada fungsinya.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, menu sehat Ibu hamil seperti buah dan sayuran wajib dikonsumsi selama masa kehamilan. Ibu dapat mengonsumsi sayuran hijau sumber asam folat, seperti brokoli serta bayam. Selain itu, kacang-kacangan, alpukat, jeruk, serta stroberi pun juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan Ibu dan si kecil.

Artikel Terkait

Terbaru