©shutterstock

Biji-bijian, Pelengkap Diet Sehat

Flax Seed
Biji-bijian jenis ini adalah salah satu bahan yang mengandung asam lemak omega-3 tertinggi. Terdapat 600-1.000 mg asam lemak dalam satu hingga dua sendok makan flaxseed. Jumlah itu lebih tinggi daripada ikan salmon. Jadi, bisa dibayangkan pengaruh memilih flax seed ke dalam menu diet Anda, kan?

Chia Seed
Menurut David Nieman, peneliti dari Appalachian State University di Amerika Serikat, biji-bijian ini mengandung serat, protein, dan asam lemak Omega-3 nan tinggi sehingga cocok dijadikan pelengkap diet sehat.

Untuk mengonsumsinya, giling terlebih dahulu biji Chia Seed untuk membantu sistem pencernaan dalam menguraikan lemak nabati Omega-3. Atau, rendam ke dalam air atau jus sampai mengembang dan berbentuk seperti jelly. Lalu, campurkan ke dalam sarapan favorit Ibu, seperti sereal, smoothie, atau puding. Terlihat sedap untuk sebuah cara diet sehat alami, kan?

Biji Bunga Matahari
Biji-bijian jenis ini terkenal karena kandungan vitamin E yang tinggi yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, biji ini mengandung kolin yang bisa meningkatkan memori. Antioksidannya juga menurunkan resiko kanker payudara.

Biji Labu
Biji labu adalah sumber mineral yang baik, seperti magnesium, kalium, dan zinc. Mengonsumsi biji labu juga efektif menangkal resiko kanker payudara dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Biji Rami
Bahan ini merupakan sumber nabati baik bagi tubuh. Terdapat serat pangan yang tinggi, vitamin E, dan asam lemak Omega-3 di dalam biji ini. Cara konsumsinya, Ibu bisa mengubahnya menjadi smoothie atau langsung dijadikan kudapan setelah berolahraga untuk membantu membangun massa otot.

Ya, Itulah tadi beberapa biji-bijian yang bisa menunjang cara diet sehat alami Ibu. Selamat mencoba, ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait