vote

Permainan Anak Perempuan Zaman Dahulu, Mendidik dan Menyehatkan

Sebelum adanya gadget, permainan, khususnya permainan anak perempuan, cenderung lebih beragam. Permainan-permainan tersebut tentunya dimainkan secara bersama-sama dengan teman-teman. Yuk, intip beberapa permainan anak perempuan zaman dahulu di bawah ini, Bu.

  • Rate Artikel ini

Sadarkah Ibu terhadap fenomena pemberian gadget sebagai solusi mainan untuk si kecil? Gadget memang memiliki berbagai permainan mendidik, namun tentunya ada dampak negatif dari permainan gadget yang dimainkan oleh si kecil. Dampak tersebut di antaranya yaitu kurangnya gerak, hilangnya interaksi dengan teman serta munculnya sifat individualis. Dengan bermain dengan gadget, si kecil menjadi kurang bergerak serta tidak bermain di luar rumah.

Sebelum adanya gadget, permainan, khususnya permainan anak perempuan, cenderung lebih beragam. Permainan-permainan tersebut tentunya dimainkan secara bersama-sama dengan teman-teman. Yuk, intip beberapa permainan anak perempuan zaman dahulu di bawah ini, Bu :

1. Congklak

Permainan tradisional ini dimainkan oleh dua orang. Untuk memainkannya, dibutuhkan papan yang berlubang. Selain papan, si kecil juga membutuhkan biji congklak yang terbuat dari cangkang kerang atau biji tumbuhan. Tujuan dari permainan anak perempuan yang satu ini adalah memindahkan biji congklak dari lubang induk dari pemain. Jadi, permainan ini selesai apabila biji congklak telah habis.  Permainan ini mengajarkan si kecil agar berhitung secara tepat dan sifat kompetitif.

2. Bola Bekel

Permainan bola bekel memerlukan bola kecil yang mudah untuk dipantulkan serta biji bekel. Permainan asal Jawa Barat ini dimainkan dengan cara melempar bola sambil membolak-balik lima buah biji bekel tersebut. Dengan permainan anak perempuan ini, si kecil dapat mengembangkan kemampuan motoriknya.

3. Lompat tali

Permainan lompat tali dapat dimainkan sendiri atapun bersama-sama. Namun, permainan ini umumnya dimainkan dengan tiga orang. Satu orang akan melompati tali, sedangkan dua orang yang akan memutar tali pada sisi kanan dan kiri. Melalui permainan lompat tali ini, si kecil juga dapat meningkatkan kemampuan motorik yang dimilikinya.

4. Ular naga

Permainan ular naga merupakan permainan anak perempuan yang dapat dilakukan dengan beberapa pemain. Dimulai dengan nyanyian, permainan ini akan berhenti apabila dua orang yang berada paling depan akan saling merebut mangsa. Dengan permainan ini, si kecil dapat bergerak aktif dan tentunya berinteraksi dengan teman-temannya.

 

Courtesy : Google Images

Artikel Terkait

Terbaru