vote

Mari Bermain Permainan Mengasah Otak Bersama Si Kecil

Menjadi seorang Ibu berarti memegang peranan penting dalam perkembangan otak si Kecil. Dalam hal itu, Ibu perlu bersikap bijak dan selektif dalam memilih permainan yang akan dimainkan oleh si Kecil. Tidak harus canggih ataupun mahal, si Kecil dapat diberikan sejumlah permainan mengasah otak.

  • Rate Artikel ini

Menjadi seorang Ibu berarti memegang peranan penting dalam perkembangan otak si Kecil. Dalam hal itu, Ibu perlu bersikap bijak dan selektif dalam memilih permainan yang akan dimainkan oleh si Kecil. Tidak harus canggih ataupun mahal, si Kecil dapat diberikan sejumlah permainan mengasah otak. Walaupun kini banyak permainan mengasah otak yang dapat diunduh pada gadget, untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasinya, hindari memberikannya gadget secara leluasa dan tanpa batasan waktu, ya.

Kesempatan bermain langsung dengan si Kecil tidak boleh disia-siakan karena otak si Kecil berkembang pesat pada masa anak-anak.  Dalam fase itu, Ibu sebaiknya mendampingi si Kecil dengan mengajarkan aktivitas serta permainan mengasah otak yang sekaligus bersifat menyenangkan. Apabila Ibu berinteraksi dengan si Kecil, ia akan mendapatkan pengalaman lebih, tidak hanya komponen inteligensi tetapi juga emosional. Perasaan menyenangkan  tersebut dapat menjadi salah satu motivasi si Kecil untuk belajar lebih banyak. Pentingnya kehadiran Ibu sebagai pendamping selama waktu bermain juga merupakan keuntungan yang tidak dapat diperoleh apabila si Kecil bermain sendirian dan hanya bergantung pada permainan yang ada di dalam gadget.

Untuk membuat mood si Kecil lebih baik, Ibu jangan ragu untuk menampilkan raut wajah yang ekspresif. Menurut Huffington Post, anak-anak terbukti kurang tertarik dengan raut wajah Ibu yang tampak membosankan saat bermain. Dengan demikian, anak-anak tentunya lebih senang memberi respons terhadap orangtua yang berwajah riang dan ekspresif saat bersamanya.

Selain menjadi ajang quality time, momen bermain dengan si Kecil juga dapat Ibu sekaligus manfaatkan untuk mengasah kreativitas dalam membuat variasi pada permainan si Kecil agar ia tidak mudah bosan dan semakin banyak pula yang ia pelajari. Namun, selama bermain, terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh Ibu seperti lingkungan yang mendukung dan bahan mainan yang aman dan sesuai dengan usianya.

Artikel Terkait

Terbaru