©shutterstock

Mengenal Brain Games, Permainan Seru Penghilang Stres

Sebagai dampak dari mobilitas kerja setiap hari, stres memang masalah yang sulit untuk dipisahkan. Kerjaan yang banyak dan beban pikiran yang besar membuat otak bekerja terlalu keras hingga akhirnya mengalami ketidakseimbangan berpikir. Hasilnya, emosi memuncak dan stres pun tiba. Namun demikian, Anda masih bisa menanganinya. Salah satunya lewat brain games yang seru berikut ini.

Pikirkan orang yang paling penting dalam hidup Anda
Langkah pertama yang harus dilakukan mula-mula, yaitu membayangkan orang yang paling penting dalam hidup dan ingin selalu Anda perjuangkan. Salah satunya anak. Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of California, menjelaskan anak menjadi harta berharga yang paling diperjuangkan oleh orang tua, khususnya ibu. Bayangkan sosok buah hati Anda atau keluarga yang selalu mendukung Anda. Rasa optimis dan semangat kerja pun bisa berangsur-angsur kembali dalam diri.

Bayangkan hembusan ombak di pantai
Selain membayangkan orang yang paling dicintai, hembusan ombak dan angin segar juga cukup efektif mengusir stres. Bukan harus kabur ke pantai di tengah-tengah jam kerja, tapi cobalah untuk memejamkan mata dan bayangkan gemuruh ombak dan segarnya hembusan angin pantai. Rasakan kehadirannya dalam bayangan Anda. Pelan-pelan Anda akan merasa rileks dan mulai tersenyum. Jika sudah benar-benar terasa segar, bukalah mata secara perlahan-lahan dan rasakan perbedaannya.

Memahami kata motivasi
Mainkan pikiran Anda dengan membaca beberapa kata motivasi. Pahami secara perlahan dan bandingkan dengan kehidupan Anda yang sebenarnya. Walau bukanlah sebuah mantra ajaib, tetapi dengan merenung dan memaknai kata-kata positif tersebut, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan yakin bahwa semua masalah memiliki solusi.

Menjadi pribadi yang bahagia
Sebenarnya membuat diri menjadi bahagia adalah hal yang mudah. Hanya saja, ego masing-masing orang terlalu tinggi untuk menerimanya. Mereka beranggapan kebahagiaan hanya bisa datang dengan materi yang tercukupi. Jika materi tersebut tiba-tiba tidak ada sudah barang pasti akan membuat diri mudah mengalami stres. Ubah segera pandangan tersebut, tanamkan pada pola pikir Anda bahwa kebahagiaan datang dengan membiarkan otak bekerja apa adanya dan tidak memberikan beban yang menumpuk di dalamnya. Bila hal ini bisa diterapkan dengan mudah, Anda pun bisa hidup lebih bahagia.

Begitu mudah mengatasi stres dan mengubah pola pikir menjadi cara mudah membuat hidup bahagia. So, langsung diaplikasikan dan jangan lupa untuk murah senyum ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait