3 Cara Mudah Mengolah Resep Ayam Pop

Ayam pop, salah satu makanan khas Minang yang digemari semua usia. Kira-kira, apa rahasia sukses dalam mengoleh resep ayam pop di rumah? Berikut ini merupakan 3 hal yang perlu diperhatikan oleh Ibu saat memasak ayam pop.

  1. Penyimpanan ayam sebelum dimasak

Setelah membeli ayam, segera masukkan daging ayam ke lemari es agar tetap segar ya, Bu. Letakkan juga daging ayam yang telah dipotong-potong dan disimpan dalam wadah tertutup pada bagian freezer lemari es. Sebenarnya di dalam freezer, daging ayam dapat bertahan hingga 1 bulan, namun agar ayam tetap enak saat diolah, usahakan untuk mengolahnya sesegera mungkin. Ayam yang segar tentunya mempengaruhi rasa dagingnya ketika diolah. Setelah Ibu siap untuk mengolah, pastikan seluruh wadah serta peralatan masak lainnya bersih sehingga daging tidak mudah terinfeksi bakteri. Sebelum dimasak, Ibu juga dapat melumuri daging ayam dengan jeruk nipis agar baunya tidak amis.

  1. Waktu perebusan ayam

Merebus ayam sebenarnya tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Pada saat merebus, waktu ideal yang diperlukan adalah 20 menit. Jika direbus terlalu lama, protein pada resep ayam pop ini bisa saja hilang. 20 menit merupakan waktu yang cukup, baik untuk membuat daging ayam menjadi lebih lunak maupun mematikan bakteri yang ada dalam daging. Ibu, sebaiknya air sudah dalam keadaan mendidih pada saat ayam dimasukkan agar daging ayam lebih cepat lunak, ya. Setelah dianggap cukup matang, Ibu dapat menusuk daging ayam dengan garpu agar dapat mengetahui apakah ayam yang Ibu olah telah matang atau belum.

  1. Air rebusan ayam

Ketika memasak ayam, apakah Ibu memiliki kebiasaan untuk meninggalkan rebusan tersebut? Jika iya, kebiasaan ini sebaiknya dihindari ya, Bu. Merebus ayam tidak dapat ditinggal karena kondisi air perlu diperhatikan karna apabila air naik melebihi wadah ayam, rasa serta nutrisi dalam daging ayam pun akan menghilang.

Selain dagingnya, Ibu pun perlu memperhatikan aroma ayam sesudah direbus. Agar semakin harum, Ibu dapat menambahkan garam serta bawang putih ke dalam air rebusan ayam pada resep ayam pop. Garam dapat mengeluarkan kotoran pada ayam, sedangkan bawang putih dapat menambah aroma ayam sehingga semakin lezat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait