vote

3 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Bersama Si Kecil

Makna perayaan tahun baru dengan berbagai perayaan tentu sudah diketahui oleh si kecil. Namun, seiring berkembangnya usia, si kecil perlu diajarkan mengenai makna tahun baru yang sebenarnya, yaitu menjadi lebih baik. Berikut tips agar si kecil dapat belajar membuat dan berkomitmen terhadap resolusi tahun barunya sendiri!

  • Rate Artikel ini

Tahun baru identik dengan berbagai aktivitas, seperti menyalakan kembang api, membakar ikan atau ayam, serta meniup terompet. Makna perayaan tahun baru dengan kegiatan tersebut tentunya sudah diperkenalkan oleh Ibu terhadap si kecil. Namun, seiring berkembangnya usia, si kecil perlu diajarkan mengenai makna tahun baru yang sebenarnya, yaitu menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya.

Agar selalu mengingat komitmen, Ibu dapat mengajak si kecil menyusun daftar yang ingin ia ubah dan ia capai. Hal tersebut dapat dijadikan alternatif kegiatan mengisi liburan si kecil di rumah menjelang tahun baru. Berikut beberapa tips membuat resolusi tahun baru bersama si kecil yang dapat Ibu lakukan di rumah.

  1. Mengklasifikasikan resolusi berdasarkan umur

Ibu, membuat resolusi tahun baru untuk seluruh anggota keluarga adalah hal yang  perlu dilakukan. Namun, selain itu, Ibu juga perlu melakukan pendekatan kepada si kecil mengenai apa yang menjadi harapannya di tahun depan. Jika dilihat berdasarkan umur, resolusi tahun baru yang dimiliki si kecil dan kakaknya pasti berbeda. Jika si kecil belum mengerti dengan makna resolusi tahun baru, Ibu dapat mencoba mengarahkanya untuk membuat satu komitmen simpel yang akan ia lakukan nantinya.

  1. Berjanji untuk mengingatkan

Mengingat dan melaksanakan suatu komitmen merupakan hal yang sulit dilakukan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Jika di tengah-tengah si kecil ternyata lupa terhadap komitmennya atau justru malah sering melanggar komitmen tersebut, Ibu sebaiknya tidak memarahinya, ya. Sebagai permulaan, pada saat membuat resolusi tahun baru, Ibu dapat memberitahu si kecil bahwa hal ini merupakan bagian dari belajar dan dapat dilakukan secara perlahan-lahan. Dengan begitu, si kecil akan merasa dibimbing dan didukung oleh Ibu untuk mewujudkan komitmennya.

  1. Reward untuk si kecil

Apabila Ibu dan si kecil telah menyusun resolusi tahun baru, menjanjikannya sebuah hadiah dapat dilakukan. Pemberian hadiah ini dilakukan agar si kecil semakin bersemangat. Jadi, antara Ibu dan si kecil sama-sama memiliki janji untuk ditepati sepanjang tahun.

Jika si kecil berhasil, mendapatkan hadiah setelah melakukan proses pembelajaran yang cukup panjang akan menjadi hal yang tidak terlupakan. Selain menambah percaya dirinya, hadiah tersebut pun  akan terasa lebih istimewa karena diperoleh setelah komitmennya terpenuhi.

Artikel Terkait

Terbaru