3 Tips Mudah Cara Membuat Coklat Leleh

Coklat merupakan bahan makanan yang pertama kali ditemukan oleh Suku Maya pada abad sebelum masehi. Coklat mengandung phenethylamine yang mampu menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini mampu memicu perasaan bahagia.

Kini, selain menambah kelezatan, coklat juga dapat mempercantik olahan makanan, seperti cake. Cukup lelehkan coklat sebagai hiasan pada olahan makanan yang Ibu buat. Bagaimanakah cara membuat coklat meleleh sebagai topping atau hiasan dengan benar?

  1. Perkecil ukuran coklat sebelum dilelehkan

Setelah menyiapkan coklat, jangan lupa untuk memotong-motong coklat menjadi beberapa bagian yang kecil. Dengan memotong-motong coklat menjadi lebih kecil, melelehkannya menjadi jauh lebih mudah.

  1. Gunakan wadah serta pengaduk yang kering

Setelah coklat dipotong-potong, hindari untuk memasukkan coklat ke dalam wadah yang basah, ya. Pastikan wadah serta pengaduk untuk mengaduk benar-benar kering agar tidak merusak cita rasa coklat itu sendiri.

  1. Pilihlah proses melelehkan coklat yang paling tepat untuk Ibu

Bingung dengan cara membuat coklat meleleh dengan baik? Coklat tidak dapat dilelehkan langsung seperti dengan meletakkannya di atas api. Ada dua cara yang dapat Ibu pilih untuk melelehkan coklat, yaitu :

  • Melelehkan coklat dapat dilakukan dengan meletakkannya di dalam mangkok tahan panas kemudian masukkan ke dalam microwave selama 1 menit. Setelah diangkat, aduk coklat mehingga merata dan ulangi pemanasan dengan waktu yang lebih pendek sekitar 15-20 detik.  Di antara waktu tersebut, aduk hingga teksturnya merata.
  • Jika Ibu tidak memiliki microwave di rumah, cara membuat coklat meleleh juga dapat dilakukan dengan meletakkan wadah berisi coklat di atas panci yang sudah berisi air panas. Pastikan agar terdapat ruang diantara keduanya supaya air dan wadah coklat tersebut tidak menempel langsung. Apabila tekstur coklat sudah berubah lunak, jangan lupa untuk mengaduknya dengan rata. Terakhir, jangan lupa untuk segera menggunakannya agar coklat tidak membeku kembali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait