4 Manfaat Membuat Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan produk olahan ayam yang kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Tetapi, dibalik lezatnya nugget ayam, tahukah ibu bahwa nugget ayam yang dibuat sendiri akan lebih bergizi dan menyehatkan bagi keluarga? Walaupun memakan waktu dalam proses membuat, berikut beberapa manfaat apabila Ibu mengolah nugget ayam sendiri dengan baik dan benar di rumah.

  1. Memperoleh manfaat kandungan ayam seutuhnya

Cara membuat nugget ayam terbaik adalah dengan menggunakan daging ayam pada bagian paha. Dengan membuat nugget ayam sendiri di rumah, ibu dapat memastikan bahwa bagian daging ayam yang diolah merupakan bagian daging terbaik. Dengan mengolah daging ayam seutuhnya menjadi nugget ayam ini, Ibu dapat memastikan keluarga mendapat asupan protein hewani yang cukup.

  1. Dapat mencampurkan tambahan sesuai selera

Ketika mempraktikkan cara membuat nugget ayam di rumah, Ibu tentunya menjadi lebih leluasa untuk berkreasi. Sebagai opsi menarik, Ibu dapat mencampurkan sayuran atau tofu ke dalam nugget ayam agar menu makanan si kecil menjadi lebih bergizi, seperti wortel, brokoli, zucchini.

  1. Mengatur kadar natrium

Mengonsumsi terlalu banyak garam yang mengandung natrium berdampak buruk bagi kesehatan. Agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh garam seperti hipertensi,  Ibu dapat memulai membuat olahan makanan agar bisa menyesuaikan sendiri kadar garam sesuai dengan yang Ibu inginkan. American Heart Association menganjurkan bahwa kandungan natrium yang ada pada garam sebaiknya dikonsumsi < 2.300 mg per hari setara dengan 6 gram garam dapur sehari. Natrium juga tidak hanya ditemukan pada garam, tetapi juga dalam makanan dan minuman kemasan.

  1. Jauh dari bahan pengawet

Makanan yang dikemas dalam kemasan tentunya dilengkapi bahan pengawet untuk menjaga kualitasnya. Bahan pengawet tersebut dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Jadi, mempraktikkan cara membuat nugget ayam di rumah dapat membantu Ibu dan keluarga mendapatkan olahan ayam yang lebih segar dan baik untuk dikonsumsi serta menghindari makanan yang terkontaminasi zat kimia yang ada dalam bahan pengawet.

Share artikel ini:

Artikel Terkait