4 Penyebab Sakit Perut Sehabis Sarapan Pagi

Salah satu penyebab orang malas sarapan adalah timbul sakit perut sesudahnya. Padahal, hal itu bisa dihindari dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  1. Makan dengan berlebihan

Ibu tidak perlu menyajikan sarapan dengan jumlah yang banyak. Ketika seseorang makan terlalu banyak atau makan dengan buru-buru, resiko sakit perut dapat meningkat. Sakit perut menjadi suatu sinyal bahwa konsumsi sarapan pagi berlebihan sehingga tubuh merasa kewalahan ketika mengolahnya. Selain itu, sakit perut dapat juga menjadi penyebab dehidrasi karena tubuh lelah mengolah makanan yang telah dikonsumsi.

  1. Konsumsi obat-obatan

Seperti yang Ibu ketahui secara umum, beberapa obat dapat menimbulkan efek samping, misalnya dapat mengganggu sistem pencernaan. Beberapa obat yang dapat memicu adanya sakit perut setelah sarapan pagi adalah beberapa antibiotik, penghilang rasa sakit, suplemen yang mengandung zat besi, dan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID).

  1. Intoleransi Makanan

Sakit perut muncul saat Ibu menyajikan makanan yang belum pernah disajikan saat sarapan pagi? Solusi pertama yang perlu Ibu lakukan adalah mencatat jenis makanan yang disajikan. Setelah itu,  Ibu dapat mengkonsultasikannya secara lebih lanjut dengan dokter. Sakit perut dapat saja disebabkan oleh intoleransi makanan pada beberapa orang, misalnya gluten atau makanan dan minuman yang terbuat dari susu. Intoleransi makanan terjadi ketika sistem pencernaan tidak mampu untuk mengolah suatu gula atau protein tertentu yang terkandung di dalam suatu makanan. Sajikan makanan yang sehat dan bergizi dengan aneka pilihan resep di sini.

  1. Iritasi usus

Bagi yang memiliki sindrom iritasi usus atau Irritable Bowel Syndrome  perlu lebih selektif dalam memiliki makanan ketika sarapan pagi. Irritable Bowel Syndrome merupakan gangguan pada usus besar yang dapat menyebabkan rasa kram, nyeri, kembung, gas, diare ataupun sembelit. Hindari konsumsi susu, buah dan kafein berlebihan karena dapat memicu perut kembung, produksi gas, serta sakit perut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait