5 Makanan Yang Bisa Menjauhkan Penyakit Akibat Kurang Serat

Selain karbohidrat dan protein, tubuh juga memerlukan kandungan baik yang lain, yaitu serat. Serat dapat diperoleh dari berbagai makanan, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Mengonsumsi serat memiliki banyak manfaat, seperti membuat kenyang lebih lama, mencegah serangan jantung, serta menjaga gula darah agar lebih stabil. Di bawah ini, Sahabat Nestlé merangkum beberapa makanan berserat tinggi yang mampu menjauhkan dari berbagai penyakit akibat kurang serat :

  1. Alpukat

Buah berwarna hijau yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga mengandung lemak yang baik serta vitamin C, E, B6, K, folat, dan potasium. Alpukat juga berdampak baik untuk pencernaan karena mampu menjauhi berbagai penyakit akibat kurang serat.

  1. Pir

Pir adalah salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Selain serat, pir juga mengandung vitamin C, vitamin K, potasium dan omega 6. Dengan kandungan gizinya yang tergolong lengkap, buah ini tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga untuk syaraf dan otak.

  1. Kentang

Bahan pangan yang dapat dijadikan pengganti nasi ini ternyata juga termasuk makanan berserat. Kentang, terutama yang sudah dikukus, mengandung serat yang cukup tinggi. Sejenis dengan kentang, umbi-umbian seperti ubi jalar, talas, serta singkong pun memiliki kandungan serat yang baik.

  1. Kangkung

Suka dengan olahan daun yang satu ini? Seperti sayur pada umumnya, kangkung juga mampu mengatasi penyakit akibat kurang serat. Kangkung memiliki senyawa fitokimia. Senyawa ini adalah komponen bioaktif serta antioksidan yang baik bagi tubuh. Senyawa fitokimia juga berperan sebagai nutrisi serta serat alami yang mampu mencegah berbagai penyakit.

  1. Almond

Hampir semua jenis kacang mengandung serat yang tinggi, termasuk kacang almond.  Kacang almond mengandung serat tinggi yang dapat menjaga gula darah tetap stabil serta baik untuk kesehatan jantung. Almond pun mengandung lemak baik, vitamin E, mangan serta magnesium.

Share artikel ini:

Artikel Terkait