vote

5 Tips Cara Membuat Nugget Ayam

Ibu dapat mencoba cara membuat nugget ayam di rumah. Selain dapat dikreasikan bahan lain yang menyehatkan, seperti sayuran, tentunya nugget ayam yang Ibu olah sendiri tentu lebih sehat dan bergizi.

  • Rate Artikel ini

Nugget ayam memiliki rasa yang gurih dan lezat tentunya menjadi daya tarik si kecil untuk memilih nugget sebagai lauk teman makan nasinya. Namun, Ibu sebaiknya memperhatikan si kecil agar tidak terlalu sering mengonsumsi nugget ayam beku. Sebagai alternatif, Ibu dapat mencoba cara membuat nugget ayam di rumah. Selain dapat dikreasikan bahan lain yang menyehatkan, seperti sayuran, tentunya nugget ayam yang Ibu olah sendiri tentu lebih sehat dan bergizi. Tidak perlu bingung, berikut tips cara membuat nugget ayam di rumah.

  1. Bagian ayam yang dijadikan nugget

Daging ayam terbaik yang dapat dijadikan nugget ada pada bagian paha. Bagian paha ayam membuat rasa nugget yang Ibu buat menjadi lebih gurih. Apabila Ibu ingin menambahkan bagian kulit, hindari mencampurkannya secara berlebihan karena akan mengurangi tampilan nugget yang lezat dan menarik.

  1. Suhu daging ayam

Cara membuat nugget ayam dimulai dengan mencampur daging ayam, tepung terigu, serta telur. Saat diadoni, daging ayam sebaiknya dalam keadaan yang cukup dingin. Mengapa? Suhu dingin pada daging ayam akan membuat tekstur nugget ayam menjadi lebih renyah.

  1. Proses pengadukan

Saat diaduk, daging ayam perlu sesekali dibanting. Pengulenan dihentikan ketika tepung dimasukkan ke dalam adonan. Hindari pula mencampur tepung secara berlebihan karena akan membuat tekstur nugget ayam menjadi kurang lembut serta cenderung keras.

  1. Pengukusan nugget ayam

Setelah diaduk dengan tepung terigu dan telur, cara membuat nugget ayam berikutnya adalah mengukus nugget ayam. Nugget harus dikukus dengan kondisi api sedang. Api yang terlalu kecil akan membuat tekstur nugget menjadi keras, sedangkan api yang terlalu besar akan membuat tampilan nugget menjadi keriput.

  1. Proses panir nugget

Tepung panir merupakan kunci utama pada tampilan nugget buatan Ibu. Ada tiga jenis tepung panir yang dapat Ibu campur agar menghasilkan nugget yang menggugah selera makan. Pertama, tepung panir kasar agar tekstur nugget renyah. Kedua, tepung panir halus agar hasil proses panir menjadi lebih rata. Ketiga, tepung panir oranye untuk menghasilkan nugget ayam yang berwarna menarik. Untuk proses panir terbaik, gulingkan adonan nugget ayam ke dalam tepung panir, kemudian celupkan dalam putih telur, dan gulingkan lagi ke dalam tepung panir.

Artikel Terkait

Terbaru