5 Tips Sukses Membuat Kue Kering Lebaran

Lebaran identik dengan bersilaturahmi. Tentu saja, silaturahmi ini tidak lengkap tanpa adanya suguhan kue kering di meja. Selain membeli, Ibu dapat mencoba resep kue kering untuk dipraktikkan di rumah, lho. Bagaimana cara sukses membuat kue kering untuk lebaran? Yuk simak 5 tips sukses membuat kue kering lebaran!

  1. Penggunaan tepung terigu rendah protein

Penggunaan tepung terigu pada adonan kue kering Ibu akan membantu kue menjadi renyah.

  1. Memperhatikan jenis gula

Salah satu kegagalan yang sering menimpa Ibu saat membuat kue kering adalah tekstur gula. Tips yang harus Ibu perhatikan adalah memilih gula halus sebagai campuran agar gula mudah tercampur dengan bahan lain. Sebab penggunaan gula pasir justru akan membuat hasil kue Ibu jadi keras dan berpori kasar.

  1. Perhatikan takaran bahan

Menentukan takaran yang pas perlu dibantu dengan timbangan. Jangan asal menakar dengan perkiraan saja ya, Bu. Jika salah perkiraan, kemungkinan gagal akan menjadi semakin tinggi.

  1. Memperhatikan tingkat kelembaban

Mungkin hal ini yang kurang diperhatikan Ibu saat membuat kue kering. Agar kue tak gagal kembali sebaiknya Ibu perhatikan tingkat kelembaban dan kandungan air pada tepung. Hal ini akan mempengaruhi kerenyahan kue. Sebaiknya Ibu ayak dan jemur tepung sebelum digunakan.

  1. Perhatikan cara penyimpanan

Seenak apapun kue, jika disimpan dengan tidak benar, maka ketika dikonsumsi pun menjadi tidak lezat. Setelah kue matang, hindari langsung memasukkan kue ke dalam toples ketika kue masih panas karena akan meningkatkan risiko jamur dan tekstur kue berubah menjadi keras. Masukkan kue ke dalam toples ketika kue sudah berubah menjadi dingin dan jangan lupa tutup rapat agar kue tetap renyah saat dikonsumsi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait