6 Fakta Tentang Nugget Ayam Yang Harus Diketahui

Siapa yang tidak mengetahui jenis makanan yang satu ini? Nugget ayam merupakan salah satu makanan yang digemari oleh anak-anak, baik sebagai camilan atau dijadikan lauk teman makan nasi. Selain karena mudah dibeli, rasanya yang enak dan cara mengonsumsinya yang tergolong mudah karena tidak mengandung tulang membuat nugget ayam banyak disukai.

Tahukah Ibu bagaimana awal mula ayam diolah menjadi nugget yang lezat dan disukai banyak orang? Sebelum mengetahui cara membuat nugget ayam, simak beberapa fakta terkait nugget ayam di bawah ini, yuk.

  1. Nugget ayam sebenarnya sudah ada sejak tahun 1963. Penemu makanan ini adalah Robert C. Baker, seorang profesor dari Universitas Cornell. Baker merupakan ahli dalam ilmu pangan dan berhasil menciptakan olahan chicken stick. Pada masa itu, Baker dan mahasiswanya bercita-cita menciptakan olahan ayam yang dibekukan.
  2. Dilansir dari Grunge, pada awal mulanya, nugget ayam hanya dibuat dari daging ayam yang sudah tua. Alasannya karena selain ayam tua tidak lagi bertelur, ayam ini juga tidak mungkin diolah secara utuh karena rasa dagingnya tidak lezat lagi. Untuk memanfaatkan ayam tua tersebut, dibuatlah nugget ayam.
  3. Daging ayam tua ternyata mempengaruhi rasa. Karena rasanya yang kurang lezat, lambat laun terdapat perubahan cara membuat nugget ayam. Nugget akhirnya dibuat dari ayam yang muda sehingga rasa dagingnya lebih lezat dan warnanya tampak lebih menarik.
  4. Walaupun bernama nugget ayam, hal tersebut bukan berarti jenis makanan ini 100 persen terbuat dari daging ayam. Cita rasa lezat dari nugget ayam ternyata juga berasal dari 40 tambahan bahan lainnya. Cara membuat nugget ayam ternyata dilengkapi oleh tepung roti, minyak, tepung terigu, tepung jagung, paprika, serta bahan-bahan lainnya. Sebagai bahan utama, daging ayam yang dibutuhkan ternyata hanya 50 persen.
  5. Selain daging ayam dan bumbu, dalam nugget ayam juga terkandung beberapa bagian dari tubuh ayam, di antaranya seperti tulang rawan, fragmen tulang, dan jaringan usus.
  6. Tahukah Ibu, masing-masing negara ternyata memiliki cita rasa nugget ayam yang berbeda-beda. Dilansir dari Grunge, nugget ayam di Inggris memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada di Amerika Serikat. Hal tersebut disebabkan karena negara di Eropa memiliki peraturan terkait makanan yang lebih ketat dibandingkan di Amerika Serikat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait