6 Pilihan Resep Olahan Daging Sapi untuk Keluarga Ibu

Resep olahan daging sapi di Indonesia begitu banyak dan beragam. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dalam mengolah daging sapi tersebut. Nah, bagaimana dengan Ibu? Manakah resep olahan daging sapi yang digemari anggota keluarga terutama si Kecil? Ibu bisa mencoba rekomendasi resep olahan daging sapi yang akan diulas secara singkat berikut ini.

Daging sapi memang memiliki kandungan protein hewani. Menurut Pedoman Gizi Seimbang (2014), dalam 1 potong daging sapi seberat 35 gram dapat mengandung 7 gram protein, 5 gram lemak, dan 75 kalori. Tidak hanya dagingnya saja, bahkan semua bagian dari daging sapi bisa Ibu olah menjadi aneka olahan resep daging sapi yang lezat seperti lidah, tulang iga, hati, serta jeroan. Masing-masing bagian tersebut tentunya memiliki kandungan gizi yang berbeda.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi kami untuk Ibu agar resep olahan daging sapi tetap bervariasi. Simak yuk!

  1. Semur

Untuk Ibu dan keluarga yang gemar sajian dengan rasa manis dan gurih, semur dapat menjadi pilihan keluarga yang tepat. Semur terbuat dari daging sapi yang diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang berasal dari kecap  manis. Untuk bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang bombay, pala, cengkeh.

  1. Rendang

Siapa yang tidak akrab dengan sajian khas daerah Sumatera Barat yang satu ini? Kini, masakan yang dibuat dengan menggunakan santan kental dan bumbu rempah khas tersebut banyak digemari seluruh masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan pedas. Rendang bahkan sudah menjadi kebanggaan Nusantara karena menjadi makanan paling enak nomer satu dalam World’s 50 Most Delicious Foods Readers Pick menurut CNN tahun 2011, lho!

  1. Sop

Sop menjadi pilihan menu yang banyak dijumpai. Selain cara membuatnya yang mudah, serta bahan-bahannya yang mudah dibeli, rasa sop yang gurih dan lembut juga digemari si Kecil. Bagian daging sapi yang lezat digunakan untuk sop adalah buntut atau tulang iga.

  1. Dendeng

Diolah secara kering membuat dendeng bisa disimpan dalam waktu yang lama. Dendeng terbuat dari daging sapi yang diiris tipis kemudian dikeringkan . Dengan rasa yang renyah dan manis, olahan dendeng ini bisa menjadi pelengkap menu makan Ibu dan keluarga.

  1. Tongseng

Rasa daging sapi yang lebih legit bisa Ibu jumpai dalam olahan Tongseng. Jenis masakan yang satu ini merupakan perpaduan bumbu dan santan, serta daging yang ada diantara tulang iga yang lembut. Campuran yang ada didalamnya adalah kol, bawang putih, tomat, serta kecap. Sudah terbayang lezatnya, ya?

  1. Olahan Sate

Siapa yang tidak mengenal sate? Olahan sajian yang satu ini terkenal karena aroma khas daging sapi tusuk yang dibakar berpadu lezat dengan bumbu kacang dan kecap. Selain membeli, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sajian ini di rumah, loh!

 

Nah, dengan variasi resep olahan daging sapi di atas, Ibu pun kini dapat lebih mudah dan leluasa menentukan menu makan keluarga. Jangan lupa untuk menyajikan menu lainnya agar gizi keluarga Ibu tetap seimbang, ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait