vote

6 Tips Mengoptimalkan Peran Orang Tua dalam Mengasah Kecerdasan Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran orang tua adalah faktor utama pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.

  • Rate Artikel ini

Keluarga adalah tempat belajar pertama bagi si Kecil. Sejak dalam kandungan hingga dewasa sebelum membentuk keluarga baru, si Kecil akan terus dalam pengawasan dan perlindungan orang tua. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa peran orang tua adalah faktor utama pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.

Perkembangan kecerdasan tersebut kemudian tergantung pada bagaimana pola asuh dan peran orang tua itu sendiri. Berikut ini 6 tips bagi para Ibu sebagai orang tua untuk mengoptimalkan kecerdasan si Kecil yang dikutip dari buku Anak Cerdas oleh Dini Kasdu.

  1. Hadiahi anak dengan pujian

Anak tentunya sangat mendambakan usaha yang telah ia lakukan. Pujian yang rasional dari Ibu sebagai bentuk apresiasi dapat meningkatkan kepercayaan diri si Kecil untuk mengembangkan berbagai hal baru.

  1. Hindari emosi, terlebih lagi pukulan fisik.

Agar perkembangan psikis, mental, dan kecerdasan anak tidak terganggu, Ibu hendaknya menjauhi emosi, terlebih lagi tindakan yang menyakitkan saat mengasuh si Kecil.

  1. Kasih sayang dan kelembutan

Dukungan Ibu juga sang ayah yang berupa cinta kasih dan kelembutan pada si Kecil akan berpengaruh positif terhadap perkembangan kecerdasannya.

  1. Tidak membanding-bandingkan

Ibu harus tahu, setiap anak diciptakan khusus dan memiliki keunikan masing-masing. Sebaiknya, orang tua tidak membandingkannya dengan anak lain. Hal ini hanya akan mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri si Kecil.

  1. Jangan ambisius dan otoriter

Sikap ambisius dan otoriter Ibu terhadap si Kecil juga berakibat buruk terhadap perkembangan kecerdasan. Hindarilah memaksakan kehendak pada si Kecil ya, Bu. Si Kecil akan menjadi takut dan tidak berani melakukan eksplorasi baru yang mendukung bakatnya.

  1. Memberi kesempatan untuk bertanggung jawab

Yuk mulai memberikan si Kecil tanggung jawab. Hal ini dapat melatih si Kecil agar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 

Jadi, siap dukung si Kecil untuk mengoptimalkan fungsi otaknya, Bu? Selain tips di atas, jangan lupa berikan gizi terbaik pada si Kecil, ya.

Artikel Terkait

Terbaru