7 Kegiatan Ramadhan Khas di Berbagai Negara

Di bulan penuh berkah ini, seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa. Namun, tahukah Ibu jika kegiatan Ramadhan tidak hanya puasa saja? Ada banyak kegiatan lain yang sudah menjadi bagian tradisi di berbagai negara ketika Ramadhan tiba.

Setiap negara pun memiliki tradisi Ramadhan yang berbeda-beda dan tentunya tradisi tersebut memiliki keunikan yang berbeda pula. Berikut beberapa tradisi dari berbagai negara yang hanya akan dilakukan untuk menyambut Ramadhan.

  1. Indonesia

Kegiatan Ramadhan yang dilakukan di Indonesia sangat beragam. Misalnya saja tradisi dugderan di Semarang, megengan di Surabaya, serta masih banyak tradisi lainnya di berbagai daerah.

  1. India

Warga India memiliki cara unik untuk menyambut Ramadhan. Para lelaki di India akan menghiasi matanya dengan kohl, atau sejenis celak berbentuk bubuk.

  1. Arab Saudi

Ada kegiatan Ramadhan unik yang bisa dilakukan di Arab Saudi. Kegiatan tersebut terkait sebuah meriam di kota Mekkah yang juga disebut “Meriam Ramadhan”. Petugas khusus akan menyalakan meriam sebagai tanda masuk waktu sahur, imsak dan juga berbuka.

  1. Turki

Menyambut bulan Ramadhan di Turki tidak lengkap jika tanpa memasang Mahya. Mahya merupakan lampu khas negara Turki. Selama bulan suci, lampu ini akan menerangi jalan-jalan di Ibukota Turki, Istanbul.

  1. Tiongkok

Muslim Kashgar di Tiongkok juga punya tradisi menyambut Ramadhan yang bernama Muqam. Muqam ini merupakan tradisi tari-tarian dan nyanyian khas muslim di Tiongkok, loh.

  1. Irak

Pasar Shorja, atau pasar tertua di Irak, menjadi pusat keramaian saat bulan Ramadhan. Yang unik adalah pasar ini ramai dikunjungi umat muslim di Irak untuk berbelanja hanya jika bulan Ramadhan tiba.

  1. Mesir

Saat menyambut Ramadhan di Kairo, ada lampu tradisional khas Mesir yang dipasang di setiap rumah. Nama lampu tersebut adalah Fanus. Tidak heran, sebelum bulan Ramadhan, banyak orang berbelanja lampu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait