Agar Resep Bakpao Sukses, Berikut Caranya!

Bakpao, panganan sejenis roti dengan tekstur lembut ini dilengkapi rasa manis pada adonannya. Di Indonesia, bakpao dapat dengan mudah ditemukan, bahkan seringkali di jual di pinggir jalan sekalipun. Tertarik ingin membuatnya di rumah, Bu? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Ibu dapat membuat bakpao sendiri di rumah.

  • Perhatikan jenis tepung yang digunakan ketika Ibu ingin membuat bakpao di rumah. Pada resep bakpao, hindari menggunakan tepung berprotein sedang atau tinggi karena dapat menimbulkan warna kekuningan pada bakpao.  Jika Ibu menginginkan bakpao yang berwarna lebih putih dan lentur, Ibu dapat menggunakan tepung pati gandum. Tepung ini disebut juga dengan tepung tang mien. Tepung ini memiliki tekstur yang lebih halus daripada tepung terigu serta wana yang juga lebih putih.
  • Ketika memulai untuk mengolah resep bakpao, Ibu tidak wajib mempersiapkan telur. Telur tidak dibutuhkan dalam pembuatan bakpao. Sebagai alternatif agar tekstur bakpao menjadi lebih lembut, telur memang dapat ditambahkan ke dalam resep, tetapi cukup bagian putih telur. Jika kuning telur digunakan, warna bakpao tidak akan menjadi berwarna putih.
  • Resep bakpao juga tidak memerlukan mentega yang terlalu banyak karena akan membuat rasa bakpao menjadi terlalu berlemak.  Untuk hasil terbaik, Ibu juga dapat menggunakan mentega putih agar warna bakpao menjadi lebih menarik.

Apabila bakpao telah jadi, jangan lupa untuk selalu menyimpan bakpao yang telah dikukus ke dalam freezer ya, Bu. Di dalam kulkas, bakpao dapat disimpan hingga sepekan lamanya. Memasukkan bakpao ke dalam kulkas dilakukan agar menjaga kelembutan bakpao. Jika ingin menyajikannya, bakpao hanya tinggal dikukus supaya mengembalikan kelembutannya. Camilan ini juga rentan berubah tekstur menjadi kering dan cenderung keras. Oleh karena itu, segera masukan bakpao ke dalam plastik setelah bakpao dingin.

Share artikel ini:

Artikel Terkait