vote

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Terkena Gondongan?

Penting untuk mengetahui diagnosa yang tepat sekaligus menangani penyakit gondongan pada si Kecil agar si Kecil dapat segera sembuh apabila terkena penyakit yang satu ini.

  • Rate Artikel ini

Penyakit gondongan memang termasuk salah satu penyakit yang mengkhawatirkan. Apalagi jika yang mengalaminya adalah si Kecil, tentu gondongan pada anak ini akan jadi masalah untuk Ibu. Penanganan yang tepat diharapkan bisa segera dilakukan saat si Kecil terindikasi penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus ini.

Penting untuk mengetahui diagnosa yang tepat sekaligus menangani penyakit gondongan pada si Kecil agar si Kecil dapat segera sembuh apabila terkena penyakit yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Ibu lakukan saat si Kecil  mulai mengalami gejala yang diindikasikan sebagai penyakit gondongan. Yuk, disimak!

  1. Penurun demam

Mengingat kondisi radang dan gondongan pada anak ini pasti akan menimbulkan demam, rasa nyeri serta panas dalam, Ibu dapat memberikan obat penurun demam atau anti nyeri, yang sesuai dengan gejala si Kecil. Ibu dapat memberikan paracetamol apabila si Kecil mengalami demam. Pemberian obat tentunya lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya, Bu.

  1. Banyak minum

Ajari si Kecil untuk selalu mengonsumsi air putih sesering munngkin. Dilansir dari buku The Toddler Book: How to enjoy your growing child oleh Rachel Waddilove, keadaan tubuh si Kecil yang demam dapat diatasi dengan asupan  cairan yang tercukupi.

  1. Makanan lembut

Usahakan Ibu memasak makanan yang lembut untuk si Kecil seperti bubur. Ya, cara ini akan memudahkan si Kecil untuk bisa menelan makanan. Meski awalnya tidak terbiasa, Ibu bisa menyiasatinya dengan pemberian menu favoritnya yang dipadukan dengan bubur. Namun, jangan lupa untuk tetap berupaya menyajikan makanan yang lunak ya Ibu. Karena pastinya gondongan pada anak ini akan membuat si Kecil merasa tak nyaman saat makan.

  1. Asupan nutrisi lebih

Untuk mengatasi kondisi tubuh yang menurun karena efek peradangan, biasanya si Kecil akan merasa lemas dan lesu. Jika demikian, si Kecil perlu beristirahat dengan cukup agar daya tahan tubuhnya membaik. Selain itu, Ibu pun tetap perlu memberikan asupan nutrisi mulai dari pemberian multivitamin dalam bentuk sirup (agar mudah ditelan), serta konsumsi susu yang mengandung banyak zat bergizi untuk tubuhnya.

Penyebaran virus yang sangat cepat terjadi membuat si Kecil rentan terkena penyakit gondongan. Yuk, jaga terus kondisi tubuh si Kecil dan selalu siaga apabila ia mengalami penurunan kondisi kesehatan ya, Bu.

Artikel Terkait

Terbaru