Ayah, Yuk Ajarkan Si Kecil Menulis Surat Cinta Kepada Ibu

Kasih Ibu kepada Beta, tak terhingga sepanjang masa…” begitulah penggalan lirik dari salah satu lagu yang menggambarkan kasih sayang Ibu kepada buah hatinya. Lagu tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena pada kenyataannya memang benar demikian. Kasih sayang Ibu yang diberikan kepada buah hatinya tergambar dari cara Ibu menyiapkan makanan, menjaga si Kecil saat sakit, dan masih banyak lagi wujud kasih sayang Ibu yang tidak bisa dijelaskan kata-kata.

Menanti peringatan Hari Ibu pada 22 Desember mendatang, banyak juga yang berkeinginan memberikan hadiah istimewa bagi Ibu tercinta. Sebagai wujud kasih kepada Ibu, pastinya Ibu pun berharap bahwa nantinya si Kecil juga bisa meniru bentuk cinta Anda kepada sang Ibu. Nah, cara mudah yang bisa dilakukan apalagi di usia si Kecil yang masih belum dewasa adalah dengan mengajarinya membuat surat cinta kepada Ibu.  Ayah pun bisa turut serta mengajarkan agar si Kecil bisa mengungkapkan perasaannya pada Ibu loh.

  1. Tema Ringan

Melihat usia si Kecil yang belum banyak memahami kehidupan, Ibu bisa mencoba mengajarkan si Kecil dengan tema yang ringan saja. Misalnya, mengungkapkan kasih sayang kepada Ibu, tema tersebut termasuk ringan karena interaksi yang terjalin antara si Kecil dengan Ibu tergolong sering. Hal ini akan memudahkan si Kecil menyampaikan keinginannya dengan mudah dan tidak malu-malu.

  1. Mengungkapkan Kasih Sayang

Tema yang sudah ditemukan, saatnya kini untuk mendorong si Kecil mengungkapkan kasih sayangnya kepada Ibu. Ibu bisa memulainya dengan memberikan pertanyaan tentang alasan dia menyayangi Ibu, atau apakah dia sudah berterima kasih kepada Ibu selama ini?

  1. Menyalurkan Lewat Tulisan

Nah, ketika si Kecil sudah mampu mengungkapkan kasih sayangnya, saatnya Ibu ajarkan dia untuk menuliskannya lewat tulisan tangan. Boleh juga meskipun ungkapan itu hanya sekadar ungkapan Ibu yang begitu baik, Ibu yang masakannya enak, atau apapun yang dirasakan si Kecil.

  1. Tulis Ulang

Si Kecil sudah berani menuliskan apa yang dirasakannya. Mintalah si Kecil untuk menulis ulang kembali, siapa tahu nanti akan muncul beberapa kalimat lain yang belum disebutkan sebelumnya. Berikan juga sedikit edukasi penulisan surat yang benar, misalnya dengan menambahkan kata yang santun atau menambah materi lainnya yang bisa semakin memperkaya imajinasi si Kecil.

Nah, setelah si Kecil berhasil membuat surat untuk Ibu, jangan lupa untuk mengapresiasi usahanya tersebut dengan pujian atau pelukan agar ia merasa usahanya telah dihargai, ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait