vote

Cara Cerdas Rangsang Nafsu Makan Anak

Menambah nafsu makan anak kini tidak perlu repot lagi, karena beberapa trik berikut ini bisa Ibu praktikkan untuk menghadapi si Kecil yang kurang doyan makan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak paparannya berikut ini yuk!

  • Rate Artikel ini

Menambah nafsu makan anak bisa jadi merupakan tugas yang cukup sulit bagi para Ibu. Ya, tidak jarang si Kecil susah untuk makan dan lebih memilih untuk mengonsumsi jajanan di luar. Menghadapi si Kecil yang kurang nafsu makannya ternyata bisa dilakukan dengan kiat pintar lho, Bu. Beberapa cara yang akan dipaparkan berikut ini terbukti efektif untuk menambah nafsu makan anak lebih banyak atau sering.

Menambah nafsu makan anak kini tidak perlu repot lagi, karena beberapa trik berikut ini bisa Ibu praktikkan untuk menghadapi si Kecil yang kurang doyan makan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak paparannya berikut ini yuk!

Memberikan Variasi Menu

Si Kecil pasti gemar makan jika menunya tidak membosankan. Mengubah variasi menu setiap harinya merupakan cara yang tepat agar nafsu makan si Kecil meningkat. Apalagi, saat ini sudah banyak resep dan olahan makanan yang bisa dipadukan dengan berbagai bahan. Sebagai contoh, Ibu bisa mengganti asupan karbohidrat yang tidak harus dari nasi saja, boleh diganti dengan kentang atau roti, atau beras merah yang nikmat dan membuatnya menjadi hidangan menarik.

Berikan Jadwal Teratur untuk Makan Si Kecil

Jadwal makan yang teratur umumnya tidak disukai oleh si Kecil. Mereka cenderung makan jika sudah merasa lapar saja. Nah, untuk yang satu ini dibutuhkan sedikit ketegasan dari Ibu ya! Usahakan untuk mengatur jadwal makan tiga kali dalam sehari sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar si Kecil terbiasa dengan pola makan demikian dan tidak terbiasa makan sesukanya. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan dua kali makanan selingan sebagai tambahan jika si Kecil lapar sebelum waktu makannya.

Berikan Menu yang Dibutuhkan

Tidak merespon permintaan si Kecil bisa menjadi merupakan ungkapan sayang yang berbeda. Seperti saat si Kecil meminta camilan atau jajanan yang belum tentu baik bagi tubuhnya. Nah, untuk itulah diperlukan mengatur jadwal makan si Kecil agar mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan nutrisinya setiap hari. Sediakan juga camilan sehat seperti buah-buahan supaya mereka tidak cepat kenyang dan masih mau makan di jadwal makan berikutnya.

Potensi kecerdasan serta kesehatan si Kecil tergantung pada gizi yang ia peroleh. Oleh karena itu, pastikan si Kecil mendapatkan gizi yang ia butuhkan. Yuk, mulai rangsang nafsu makan si Kecil dari sekarang!

Terbaru