vote

Cara Masak Rendang Daging Agar Cepat Empuk

Tentu ibu tak ingin bukan rendang daging buatan ibu untuk sajian hari raya nanti tak empuk saat dihidangkan. Nah, ibu perlu tahu tips cara masak rendang daging yang tepat agar empuk dan lezat saat dinikmati.

  • Rate Artikel ini

Menu masakan yang banyak digemari adalah olahan daging. Terlebih lagi lebaran sebentar lagi menyapa. Hanya dalam hitungan hari saja. Rendang menjadi salah satu sajian khas yang ada di saat lebaran. Namun masakan satu ini kadang membuat ibu khawatir. Karena sering kali mengalami masalah dengan daging yang gagal empuk. Biasanya karena kurang tahunya ibu mengenai cara masak rendang daging yang tepat.

Tentu ibu tak ingin bukan rendang daging buatan ibu untuk sajian hari raya nanti tak empuk saat dihidangkan. Nah, ibu perlu tahu tips cara masak rendang daging yang tepat agar empuk dan lezat saat dinikmati. Daging yang dapat digunakan untuk rendang misalnya adalah daging gandik. Bagi Ibu yang belum tahu daging gandik, daging ini terletak di dalam paha atas, dagingnya memang agak keras dan harus dimasak terlebih dahulu agar lunak. Namun, bagian ini tidak berurat atau berlemak. Cara masak rendang daging yang lezat dan empuk ini sebenarnya mudah dilakukan. Ibu hanya perlu tahu trik mengolah daging saja.

  1. Membeli jenis daging yang sesuai

Membeli daging untuk rendang tidak dapat disamakan dengan sajian lainnya, seperti sop, sate, atau bistik. Jadi, pastikan Ibu membeli tipe daging sapi yang tepat.

  1. Hindari perendaman

Jangan merendam daging dengan air setelah dibeli, karena dapat mengurangi rasa juicy daging.

  1. Cara memotong daging

Ibu, cara memotong daging ternyata berpengaruh pada empuk tidaknya daging yang dimasak. Untuk mendapatkan daging empuk pada rendang ibu, maka cara memotong yang benar adalah potong kecil-kecil melawan alur urat dan seratnya.

  1. Pukul-pukul daging

Cara masak rendang daging agar empuk ang bisa Ibu terapkan adalah memukul-mukulnya terlebih  dahulu saat masih mentah. Tujuannya biar otot dan serat daging sapi ini jadi lembut dan empuk nantinya.

  1. Tambahkan bumbu

Sebelum memasak daging menjadi rendang yang lezat. Sebaiknya ibu membumbuinya terlebih dahulu. Ibu bisa gunakan bumbu yang mengandung asam (cuka) yang akan menghilangkan tekstur alot dari daging.

Artikel Terkait

Terbaru