Cara Membuat Risoles nan Lezat, Awali Dari Tampilannya

Risoles merupakan makanan ringan gurih yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Negara asal kudapan ini tidak diketahui secara pasti, namun risoles yang dikenal di Indonesia umumnya memiliki kemiripan dengan makanan dari Perancis, yaitu rissoles. Dilihat dari sejarah Indonesia yang dijajah bangsa Belanda, kemungkinan resep risoles masuk ke Indonesia pada masa tersebut.

Setelah masa tersebut berlalu, risoles tetap menjadi favorit orang Indonesia karena rasanya yang lezat. Selain untuk dikonsumsi sendiri, kudapan ini juga banyak disajikan pada acara-acara spesial. Terdapat dua pilihan bentuk risoles ketika disajikan, yaitu segitiga dan persegi panjang. Bagian isi risoles umumnya bermacam-macam, mulai dari sayuran saja, sayuran beserta daging, serta ragout.  Bahkan, kini banyak inovasi risoles seperti ditambahkan telur, keju atau mayonnaise pada isinya. Terbiasa membeli risoles di luar? Sesekali Ibu dapat mencoba resep cara membuat risoles di rumah. Sebagai awal mula pembuatan risoles dan agar tampilannya semakin menawan, Ibu dapat memulai cara membuat risoles yang baik dimulai dari kulitnya.

Agar tampilan risoles menggugah selera, pemilihan tepung terigu juga perlu ibu perhatikan. Tepung terbaik yang digunakan untuk membuat kulit risoles adalah tepung terigu berprotein sedang yang diayak terlebih dahulu sebelum digunakan. Pada saat membuat kulit risoles, aduk adonan setiap kali dituang di atas teflon. Kulit dadar yang baik umumnya bersifat tipis, agak lentur dan saat digulung tidak mudah pecah. Saat menggoreng, gunakanlah teflon datar yang sudah diolesi sedikit mentega atau minyak goreng.  Untuk memastikan tingkat ketebalan kulit risoles, cobalah untuk membuat 1-2 kulit terlebih dahulu kemudian gulung bersama isinya. Apabila bentuknya sesuai, Ibu dapat melanjutkan pembuatan kulit dengan tingkat ketebalan yang serupa. Supaya semakin lezat, kulit risoles sebaiknya dibuat langsung sebelum digoreng dengan tepung panir.

Pada saat memanir, cara membuat risoles dengan lapisan tepung panir merata secara keseluruhan adalah dengan menggulingkan risoles ke dalam tepung panir sebanyak dua kali. Pada tahap terakhir, yaitu tahap penggorengan risoles, pilih wajan yang datar dan isi minyak goreng secukupnya. Pastikan minyak telah panas ketika risoles dimasukkan dan goreng dengan api sedang agar risoles matang merata. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait