vote

Cara Mengatasi Kram Perut yang Mengganggu

Saat Ibu mengalami sakit teramat akibat kram perut, maka sebaiknya segera lakukan tindakan dan jangan dibiarkan saja. Nah, berikut beberapa cara tips mengurangi kram perut yang dapat Ibu lakukan sebagai berikut.

  • Rate Artikel ini

Kram perut merupakan penyakit yang umum terjadi. Biasanya akan ditandai dengan rasa sakit seperti terasa kencang di bagian perut. Rasa sakit di bagian perut ini biasanya akan membawa pengaruh pada tubuh bagian lain seperti sakit kepala hingga mengalami kesulitan gerak atau tubuh tak bisa aktif. Tentu Ibu butuh cara mengatasi kram perut yang tepat untuk menghentikan rasa sakit tersebut.

Ada banyak gejala kram perut yang harus Ibu ketahui. Karena hal ini akan mempermudah cara mengatasi kram perut. Beberapa gejala yang menyertai kram perut yang terjadi yaitu mual, muntah, peningkatan buang air kecil, hingga merasa kan nyeri di bagian tubuh lainnya.

Saat Ibu mengalami sakit teramat akibat kram perut, maka sebaiknya segera lakukan tindakan dan jangan dibiarkan saja. Nah, berikut beberapa cara tips mengurangi kram perut yang dapat Ibu lakukan sebagai berikut.

  1. Minum air putih

Hal pertama yang harusnya Ibu lakukan saat mengalami kram perut adalah minum air putih yang cukup.

  1. Hindari makanan padat

Sebaiknya Ibu hindari dulu konsumsi makanan padat selama alami kram perut.

  1. Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi yang dapat memperparah kram perut.

Ini cara mengatasi kram perut ini tujuannya untuk mencegah kemungkinan soda atau kafein yang akan memperparah rasa sakit di perut.

  1. Konsumsi produk susu baik padat ataupun cair juga menjadi salah satu solusi kram perut.

Selain air putih, ternyata susu juga baik dikonsumsi ketika Ibu mengalami kram perut.

  1. Gunakan handuk panas sebagai pereda rasa kram

Kompreslah bagian perut yang kram dengan handuk panas yang sudah diperas airnya.

  1. Olahraga

Menjalani gaya hidup sehat, misalnya olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur tentunya juga turut membantu menghilangkan timbulnya rasa kram di perut.

Demikian tips mengatasi kram perut yang dapat mengganggu aktivitas Ibu. Jika kram perut kian mengganggu, tidak ada salahnya Ibu berkonsultasi ke dokter lebih lanjut guna mengetahui penyebab sekaligus obat yang tepat untuk mengatasinya.

Artikel Terkait

Terbaru