vote

Cara Mudah Membuat Resep Cilok

Si kecil hobi jajan? Yuk ubah kebiasaannya dengan membuat jajanan menarik di rumah.

  • Rate Artikel ini

Menyajikan camilan di sela-sela waktu makan dapat dilakukan di rumah agar meminimalisir si kecil jajan sembarangan di luar. Sebagai alternatif, Ibu juga dapat mencoba membuat sendiri jajanan yang banyak terdapat di lingkungan sekolah si kecil, misalnya cilok.

Pertama, Ibu perlu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep cilok, seperti tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, lada putih, garam, wortel, daun bawang, serta air sebagai bahan utamanya. Sebagai isinya, Ibu dapat menambahkan sumber protein hewani, yaitu daging dan bawang bombay. Untuk bumbu kacang sebagai pelengkap resep cilok ini, bahan yang perlu dipersiapkan adalah kacang tanah, kemiri, cabe rawit, cabe merah besar, gula merah, garam, serta minyak goreng.

Setelah bahan disiapkan, Ibu dapat memulai pembuatan resep cilok. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay dan masukkan daging serta bumbu, masak hingga warnanya berubah. Untuk awal pembuatan adonan cilok, Ibu dapat mencampurkan semua bahan kecuali air. Setelah adonan tercampur, Ibu baru dapat menuangkan air secara perlahan-lahan dengan bantuan spatula agar adonan cilok dapat dibentuk menjadi bulat. Tambahkan wortel serta daun bawang dan aduk rata.

Ambil 1 sdm adonan yang dipipihkan lalu isi dengan daging, kemudian bulatkan seluruh adonan. Langkah selanjutnya adalah mendidihkan air kemudian memasukkan adonan cilok yang telah berbentuk bulat ke dalamnya. Tunggu hingga cilok matang yang ditandai dengan mengapungnya adonan di atas air mendidih tersebut. Jika sudah mengapung, angkat serta tiriskan.

Selain kenyal dan lezat, cilok buatan Ibu ini dapat lebih terjamin kebersihannya. Resep cilok ini pun lebih kaya gizi karena mengandung vitamin A dari wortel dan protein dari daging sebagai isinya. Yuk, sajikan camilan ini hangat-hangat untuk keluarga Ibu di rumah!

Artikel Terkait

Terbaru