Ciri Anak Pintar Dapat Diketahui Dalam 7 Macam Kecerdasan Berikut

Tumbuh kembang si Kecil memang selalu menarik untuk diperhatian. Apalagi jika ternyata si Kecil menunjukan berbagai kemampuan yang dimilikinya, seperti ciri anak pintar. Tentunya, Ibu pun akan semakin bangga terhadap pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang tergolong baik.

Nah, untuk mengetahui di mana tingkat kecerdasan si Kecil, Ibu bisa mengamati setiap geraknya saat bermain maupun belajar, dan juga saat berinteraksi dengan teman-temannya. Ciri anak pintar oleh pakar kecerdasan, Rezeeli dalam buku Anak Cerdas, biasanya berkaitan dengan kemampuan umum, kreativitas, dan motivasi diri. Selain itu, ahli lain, bernama Howard Gardner, seorang psikolog dari Universitas Harvard menyatakan bahwa kecerdasan terbagi atas 7 macam. Yuk, kenali macam-macam kecerdasan menurut Gardner di bawah ini agar Ibu dapat menyeimbangkan kemampuan si Kecil.

  1. Kecerdasan berbahasa

Ciri anak pintar yang satu ini dapat Ibu asah sedini mungkin. Kecerdasan berbahasa dapat Ibu mulai asah dengan melatihnya berbicara, kemudian mengungkapkan ide serta perasaannya, kemudian pada masa sekolah, kemampuannya dalam menulis pun akan meningkat.

  1. Kecerdasan logika matematika

Kecerdasan logika matematika dapat Ibu mulai asah dengan mengenalkan angka. Setelah si Kecil mengetahui angka, seiring dengan waktu ia akan mampu berpikir dengan bilangan, serta menyelidiki sesuatu secara ilmiah. Jika banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika, hal tersebut mungkin karena kurangnya berlatih soal sehingga mengakibatkan lupa rumus ataupun kurang teliti saat mengerjakan soal.

  1. Kecerdasan ruang

Si Kecil hobi menggambar hal-hal di sekitarnya, Bu? Hal tersebut dapat menjadi pertanda ia unggul dalam kecerdasan ruang atau spasial. Kecerdasan ruang dalam teori Gardner dapat meliputi berpikir dalam gambar serta memiliki kemampuan memvisualisasikan dalam grafik ataupun ruang.

  1. Kecerdasan musik

Pada kecerdasan yang satu ini termasuk memecahkan masalah atau menciptakan produk dengan adanya keterlibatan latar budaya.

  1. Kecerdasan kinestetik

Ibu tentunya senang apabila si Kecil aktif  dan gemar menggerakan tubuhnya. Aktifnya si Kecil tersebut dapat Ibu arahkan agar si Kecil unggul dalam kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik identik dengan kemampuan mengontrol gerakan, keseimbangan serta ketangkasan otot tubuhnya.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Ibu, pernahkah Ibu memperhatikan si Kecil ketika berada di antara orang banyak? Apakah ia tergolong tipe yang mampu bersosialisasi dengan baik? Jika iya, hal tersebut dapat menjadi pertanda ia memiliki kecerdasan interpersonal.

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami diri serta keinginan. Yuk, latih si Kecil menjadi memiliki karakter yang kuat sehingga mampu memiliki kecerdasan intrapersonal, Bu.

Setelah mengetahui bermacam kecerdasan si Kecil, kira-kira sejauh ini, manakah kecerdasan yang cenderung si Kecil miliki, Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait