vote

Hal yang Perlu Ibu Lakukan Guna Menjadikan Si Kecil Pintar

Pola asuh yang baik tentunya akan menanamkan kecerdasan pada diri si Kecil sejak dini. Oleh sebab itu, Ibu peru mengetahui cara untuk menjadikan tingkat kecerdasan si Kecil meningkat.

  • Rate Artikel ini

Kecerdasan si Kecil adalah hal yang penting bagi kedua orang tuanya selain kesehatan. Ya, pola asuh yang baik tentunya akan menanamkan kecerdasan pada diri si Kecil sejak dini. Oleh sebab itu, Ibu peru mengetahui cara untuk menjadikan tingkat kecerdasan si Kecil meningkat.

Ciri anak pintar seringkali tak diketahui, tapi sebenarnya ciri tersebut bisa dipupuk sejak kecil. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan agar si Kecil menjadi pintar. Mau tahu apa saja? Yuk, simak selengkapnya Ibu!

  1. Menyeimbangkan penggunaan gadget dan membaca buku

Banyak anak-anak masa kini yang lebih menyukai permainan pada gadget. Memang, permainan pada gadget menurut buku Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua untuk Nemahami Faktor-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget dapat meningkatkan keterampilan matematis dan mengetik serta mengurangi stress. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan juga berdampak buruk, terutama bagi kesehatan mata. Untuk mengasah kemampuannya, buatlah kegiatan lain, seperti membaca menjadi kegiatan menyenangkan sehingga ia pun dapat belajar lebih banyak. Selain membaca, mendengarkan cerita pun dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasanya, konsentrasi, serta wawasan pada umumnya. Hindari membiarkan si Kecil terlalu lama di depan TV serta bermain gadget.

 

  1. Memperhatikan Asupan Gizi

Asupan gizi sangat berperan penting agar si Kecil mampu belajar dengan baik. Misalnya, dilansir dari buku Meningkatkan & Memaksimalkan IQ Anak, kandungan omega 3 dalam ikan salmon sangat penting untuk kecerdasan otak. Kreasikan menu yang mengandung gizi seimbang agar si Kecil bisa meningkatkan kemampuan kognitif lainnya. Camilan sehat juga bisa disiapkan untuk si Kecil agar si Kecil selalu berenergi ketika beraktivitas.

  1. Berinteraksi dengan pihak sekolah

Walaupun Ibu sudah membiasakan makanan sehat serta menerapkan kebiasaan baik selama berada di rumah, Ibu perlu mengetahui apakah ciri anak pintar sudah ada dalam diri si Kecil. Hal terbaik yang dapat Ibu lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan guru agar mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan oleh si Kecil serta apa yang sesungguhnya menjadi minat si Kecil. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya, Ibu dapat mengenal si Kecil lebih baik dan mengarahkannya lebih mudah.

  1. Menjalin komunikasi dengan si Kecil

Ibu, yuk perbanyak quality time bersama si Kecil. Bicarakan banyak hal dengannya, termasuk nilai-nilai yang Ibu anggap penting untuk diketahui olehnya. Jangan lupa untuk memberikannya contoh yang baik serta dengarkan pendapat serta ceritanya. Ingat, ciri anak pintar tidak hanya terfokus pada kemampuannya di sekolah, jangan lupa untuk melatihnya agar pandai berkomunikasi, lho Bu.

Mari kita mulai bantu si Kecil mengoptimalkan fungsi otaknya dengan melakukan langkah di atas.

Artikel Terkait

Terbaru