Hindari Ini Guna Atasi Sakit Perut Setelah Sarapan Pagi

Makanan-makanan ini bukan berarti membawa dampak buruk sepenuhnya pada tubuh. Tetapi, alangkah baiknya makanan ini diberikan pada waktu makan selain sarapan pagi karena dapat menimbulkan sakit perut. Konsumsi apa sajakah yang dapat memicu sakit perut setelah sarapan pagi?

  1. Makanan pedas

Sarapan pagi merupakan momen pertama kita memperoleh asupan setelah tidur. Apabila makanan yang dikonsumsi pada waktu sarapan pagi tergolong pedas, maka resiko maag kambuh atau sakit perut akan meningkat. Hal itu disebabkan karena makanan yang pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Pilihlah makanan yang tidak pedas untuk dikonsumsi di pagi hari agar tidak mengganggu jalannya aktivitas.

  1. Makanan berlemak

Pemilihan jenis makanan pada waktu sarapan pagi beserta dampak yang ditimbulkan juga perlu Ibu perhatikan, lho. Misalnya, makanan berlemak sebaiknya tidak disajikan sebagai menu sarapan pagi. Todd Anderson dari University of Calgary menyatakan bahwa sajian makanan berlemak pada waktu sarapan pagi membawa efek langsung ke dalam pembuluh darah yang dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

  1. Produk mengandung susu

Jika merasa sakit perut sesudah mengonsumsi produk yang mengandung susu, bukan berarti produk ini tidak dapat dikonsumsi pada sarapan pagi. Sakit perut yang timbul disebabkan oleh intoleransi laktosa akibat kekurangan enzim laktase. Laktosa ini membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Biasanya, sakit perut disebabkan rasa kaget setelah menerima laktosa. Untuk mengatasi rasa sakit perut, susu sebaiknya dikonsumsi secara encer.

Share artikel ini:

Artikel Terkait