vote

Ini Dia Sederet Manfaat Buah Pisang

Kandungan gizi pisang yang paling utama adalah karbohidrat yang berfungsi untuk mengenyangkan perut yang lapar. Selain itu, pisang juga kaya akan serat alami yang baik untuk pencernaan, terutama bagi Ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Beberapa manfaat pisang lainnya yang bisa diserap tubuh adalah sebagai berikut.

  • Rate Artikel ini

Siapa yang tidak mengenal pisang? Buah berwarna kuning dan hijau ini hampir menjadi buah favorit masyarakat Indonesia. Selain lezat untuk dipadukan menjadi aneka sajian, pisang juga nikmat dikonsumsi langsung. Seperti apapun cara mengonsumsi buah lembut ini, tidak akan mengurangi kandungan gizi pisang yang banyak manfaatnya bagi tubuh.

Kandungan gizi pisang yang paling utama adalah karbohidrat yang berfungsi untuk mengenyangkan perut yang lapar. Selain itu, pisang juga kaya akan serat alami yang baik untuk pencernaan, terutama bagi Ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Beberapa manfaat pisang lainnya yang bisa diserap tubuh adalah sebagai berikut.

  1. Penahan Lapar

Mengonsumsi pisang bisa menekan rasa lapar? Hal ini bukanlah mitos belaka. Faktanya, berdasarkan penelitian oleh Smell and Taste Treatment and Research Foundation Chicago mengungkapkan bahwa bau pada pisang bisa merangsang otak untuk tidak merasa lapar. Pisang juga mengandung karbohidrat dan serat yang memang berperan menekan lapar lebih lama.

  1. Tingkatkan Stamina

Penelitian yang dihasilkan Appalachian State University mengungkapkan bahwa mengonsumsi pisang sekitar 15 menit sebelum melakukan latihan fisik bisa meningkatkan stamina tubuh secara signifikan.

  1. Sumber Energi Terjangkau

Pisang yang mengandung banyak manfaat tersebut bisa Ibu manfaatkan sebagai penghasil energi. Tidak perlu mahal untuk mendapatkan suplemen bagi tubuh, karena kandungan gizi pisang bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau. Dikutip dari buku Jus Super Ajaib oleh Rita Ramayulis, DCN., M.Kes. , pisang juga bisa menjadi sumber energi yang baik bagi Ibu hamil dan menyusui.

  1. Bantu Diet

Pisang mengandung karbohidrat yang baik dan serat alami. Ternyata buah pisang juga rendah kalori. Dari Pedoman Gizi Seimbang, sekitar 50 kalori terkandung dalam satu buah pisang ukuran sedang. Kandungan karbohidrat pada pisang pun berbeda dengan takaran yang ada dalam nasi atau roti, sehingga untuk Ibu yang sedang menjalani diet, buah pisang adalah teman diet yang baik.

Manfaat pisang di atas membuktikan di atas bahwa mengonsumsi pisang tidak hanya lezat, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan. 

Terbaru