vote

Kandungan Gizi Lele yang Bernilai Tinggi

Untuk mendapatkan sumber protein yang baik, tentunya ikan menjadi pilihan atau alternatif selain daging. Bagaimana jika mencoba salah satu jenis ikan yang kaya manfaat untuk menu makan siang si Kecil, misalnya lele?

  • Rate Artikel ini

Untuk mendapatkan sumber protein yang baik, tentunya ikan menjadi pilihan atau alternatif selain daging. Bagaimana jika mencoba salah satu jenis ikan yang kaya manfaat untuk menu makan siang si Kecil, misalnya lele? Lele merupakan jenis ikan air tawar yang kandungan proteinnya melimpah. Selain protein, dikutip dari buku Sehat Tanpa Dokter oleh Dr.Mehmet Oz, Michael Roize, dalam daging lele terdapat juga asam omega 3. Kandungan gizi lele yang lain akan diulas pada uraian singkat berikut ini. Yuk kita simak ya, Ibu!

  1. Lemak

Dikutip Membuat Filet Lele & Produk Olahannya oleh Murniyati, Th. Dwi Suryaningrum, dan Ijah Muljanah, lele mengandung lemak sebesar 1,1 gram/100 gram. Jumlah tersebut sangat sedikit dibandingkan lemak pada daging sapi atau daging ayam. Sebaiknya, daging lele dikonsumsi dengan cara dikukus untuk mempertahankan kandungan asam omega 3.

  1. Protein

Selain daging sapi dan daging ayam, tahukah Ibu, lele juga merupakan sumber protein hewani yang baik? Kandungan protein dalam lele sekitar 18,7 gram/100 gram.

  1. Kaya Vitamin B

Kandungan gizi lele lainnya adalah vitamin B. Di dalam daging lele, terdapat kandungan tiamin (Vitamin B1) sebesar 0,1 mg, serta riboflavin (Vitamin B2) sebesar 0,05 mg.

  1. Fosfor

Sekitar 260 miligram fosfor terkandung dalam 100 gram lele. Dengan jumlah yang demikian, maka Ibu bisa memenuhi 30 persen kebutuhan mineral untuk tubuh setiap harinya.

Kandungan gizi lele lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan di antaranya adalah kalsium, zat besi, natrium, dan niasin. Setelah melihat kandungan gizi lele, masih ragu untuk mengonsumsi ikan ini, Bu?

Terbaru