Kandungan Nutrisi Dalam Sempol Malang

Terdapat makanan baru di Malang, yaitu sempol. Jajanan ringan yang dapat kita jumpai dengan mudah ini rasanya tidak hanya lezat ketika dikonsumsi, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Yuk bedah kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan utama dalam pembuatan sempol Malang!

  1. Daging

Sempol yang dibuat dari daging ayam memiliki kandungan protein yang baik serta lemak yang tergolong rendah. Tetapi, dalam proses pembuatan sempol Malang, daging yang dapat digunakan tidak hanya ayam. Ibu juga dapat membuat sempol Malang dengan menggunakan daging sapi atau daging ikan. Ikan yang digunakan pada resep sempol Malang dapat berjenis cakalang ataupun tongkol.

Secara umum, daging sapi memang sumber protein hewani yang baik. Sayangnya, daging sapi memiliki kekurangan, yaitu kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi yaitu sekitar 30 gram untuk lemak dan 78 miligram kolesterol per 100 gram. Alternatif ketiga untuk bahan pembuatan sempol Malang adalah ikan laut. Ikan laut merupakan sumber mineral yang baik seperti selenium, yodium, zat besi, seng, dan kalsium. Ikan juga mengandung vitamin A, B, dan D.

  1. Bawang putih

Bawang putih diperlukan agar rasa sempol Malang menjadi semakin gurih dan lezat. Tetapi, kegunaan bawang putih tidak hanya itu. Bawang putih juga tergolong rendah kalori dan memiliki zat-zat yang berdampak bagi kesehatan, seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, bawang putih bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

  1. Telur

Tidak lengkap rasanya apabila tidak membalut adonan sempol Malang dengan telur.  Makanan kaya protein ini mampu mempercepat metabolisme tubuh. Telur ayam mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

 

Image by : Google

Share artikel ini:

Artikel Terkait