vote

Kenali Faktor Penyebab Penuaan Dini

Merawat wajah agar tetap cantik agar tidak mengalami penuaan dini adalah hal penting yang perlu dilakukan. Sebab, penuaan dini bukan saja karena faktor usia, melainkan juga pengaruh polusi atau faktor eksternal lainnya.

  • Rate Artikel ini

Merawat wajah agar tetap cantik agar tidak mengalami penuaan dini adalah hal penting yang perlu dilakukan. Sebab, penuaan dini bukan saja karena faktor usia, melainkan juga pengaruh polusi atau faktor eksternal lainnya. Dikutip dari buku A More Beautiful You: Reverse Aging Through Skin Care, Plastic Surgery, and Lifestyle Solutions oleh Robert M. Freund, seorang dokter bedah plastik asal New York,  Ibu perlu tahu ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab penuaan dini beserta jenis perawatan wajah yang tepat berikut ini.

  1. Paparan Matahari

Paparan matahari memang menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Paparan matahari berlebih akan menimbulkan bintik hitam, kerutan, hingga menurunnya elastisitas kulit. Berdasarkan hasil penelitian, 70 persen proses penuaan dini sangat bergantung pada frekuensi kulit wajah terpapar sinar matahari. Namun ini tentunya sulit untuk bisa dihindari bagi para Ibu yang memiliki aktivitas sehari-hari di luar ruangan, sehingga perlu perawatan wajah dengan menggunakan produk yang dilengkapi tabir surya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Kurang Seimbang

Ibu wajib tahu, kalau kulit juga butuh nutrisi untuk tetap sehat dan terhindar dari proses penuaan dini. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh minim atau bahkan kurang gizi maka akan mengakibatkan kulit kering dan mudah berkerut. Berlebihan juga memiliki pengaruh Sebaiknya Ibu perhatikan asupan gizi makanan sehari-hari dengan banyak konsumsi buah dan sayur. Selain itu, lakukan perawatan wajah dengan memakai pelembab untuk atasi kulit wajah kering.

  1. Kurang Tidur

Nah, mungkin selama ini Ibu tak begitu menyadari efek yang disebabkan oleh kurang tidur Padahal kurang tidur dapat mengakibatkan hormon pertumbuhan yang dihasilkan kelenjar hipofisis di otak tak bekerja sehingga kulit tampak kusam dan lebih tua. Sementara hormon tersebut berguna mengganti jaringan kulit saat Ibu tengah tidur. Jadi sebaiknya, perhatikan pola tidur Ibu untuk mencegah penuaan dini.

  1. Stres

Masalah satu ini pastinya pernah menghinggapi siapapun. Entah lantaran aktivitas rutin atau pikiran yang terlalu menekan. Stres sendiri akan memicu produksi hormon adrenalin dan kortisol yang berperan pada proses penuaan dini. Kalau terlalu sering mengalami stres tentunya penuaan dini pun akan makin cepat terjadi.

Penuaan memang proses alamiah yang tidak mungkin dapat dihindari oleh manusia. Namun, tidak ada salahnya, Ibu menjaga kesehatan, terutama kulit, agar proses penuaan dini tidak terjadi, ya.

Terbaru