Kiat Mencegah Sakit Perut Setelah Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang paling penting karena dapat mempercepat proses metabolisme serta meningkatkan energi untuk beraktivitas. Tetapi, tidak jarang, sebagian orang mengalami sakit perut sesaat setelah menghabiskan sarapan paginya. Lalu, bagaimana agar kebiasaan baik ini tetap dapat diterapkan tanpa mengganggu jalannya aktivitas? Berikut kiat mencegah sakit perut setelah sarapan pagi.

  1. Meminum air putih

Memasuki waktu sarapan pagi, minumlah air putih sebelum makan. Hal tersebut dapat melancarkan sistem pencernaan serta menjaga tubuh dari dehidrasi. Hindari untuk meminum minuman yang mengandung soda atau berkafein tinggi seperti kopi. Kandungan kafein dapat meningkatkan asam lambung dan memicu sakit perut.

  1. Makan secukupnya

Mengawali hari dengan sarapan pagi bukan berarti harus memusatkan asupan pada satu waktu makan saja. Makanlah secukupnya pada waktu sarapan pagi. Dibandingkan dengan kuantitas, usahakan untuk meningkatkan kualitas konsumsi sarapan pagi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung bahan penting bagi tubuh.

  1. Mengunyah dengan benar

Mengonsumsi sarapan pagi secara terburu-buru akan menyebabkan sakit perut. Kunyahlah dengan benar serta perlahan-lahan makanan agar pencernaan bekerja secara tepat. Jika makanan dikunyah secara cepat, kecepatan kerja sistem pencernaan justru akan melambat.

  1. Hindari makanan pemicu sakit perut

Ketahanan sistem pencernaan setiap orang tentunya berbeda-beda. Tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan pedas, berlemak, atau asam pada pagi hari. Jika Ibu atau anggota keluarga termasuk yang tidak dapat mengonsumsi makanan-makanan tersebut, hindari menyajikannya pada waktu sarapan pagi, ya.

  1. Ubah kebiasaan makan

Solusi lain untuk permasalahan sakit perut setelah sarapan pagi adalah mengubah jenis makanan yang dikonsumsi. Jika makanan berat memicu sakit perut, gantilah dengan makanan yang cenderung lebih ringan seperti roti atau buah. Namun, apabila sakit perut tetap terjadi, konsultasi dengan dokter perlu dilakukan. Sebelumnya, catat makanan apa saja yang menimbulkan sakit perut saat dikonsumsi ketika sarapan pagi serta jeda antara waktu makan serta munculnya rasa sakit agar dokter dapat membantu mengetahui solusi yang paling tepat untuk sakit perut yang dirasakan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait